Tautan-tautan Akses

AS

Tersangka Peretas Rusia Dikenakan Tuduhan oleh Amerika


Yevgeny Nikulin, 29, dari Rusia, tersangka peretasan dengan target-target AS.

Yevgeny Nikulin, 29, dari Rusia, tersangka peretasan dengan target-target AS.

Nikulin dikenakan tuduhan melakukan perembesan ke komputer dan melakukan pencurian identitas.

Seorang warga negara Rusia yang dituduh oleh pejabat AS meretas sasaran-sasaran Amerika dan ditangkap bulan ini di ibukota Republik Ceko, telah dikenakan tuntutan oleh sebuah juri federal di California, menurut pihak berwenang, Jumat (21/10).

Yevgeniy Nikulin, 29, dari Moskow, ditangkap pada 5 Oktober di Praha, di mana dia berada dalam tahanan, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Kehakiman Amerika.

Penuntutan ini diajukan Kamis, dan Nikulin dikenakan tuduhan melakukan perembesan ke komputer dan melakukan pencurian identitas.

Penguasa Ceko minggu ini mengatakan, tersangka ditahan di Praha berdasarkan surat penangkapan dari Interpol yang diterbitkan setelah diminta oleh Amerika Serikat. Dia akan dihadapkan pada sidang dengar ekstradisi.

Beberapa jam setelah berita penangkapan Nikulin muncul, layanan jaringan professional Linkedln menerbitkan pernyataan dan katanya, perkembangan ini terkait dengan sebuah penerobosan pada 2012 dari daftar anggota-anggotanya. Pada Mei, Linkedln mengakui bahwa peretasan ini telah mempengaruhi kata kunci 100 juta penggunanya. [jm]

XS
SM
MD
LG