Tautan-tautan Akses

AS

AS: Tersangka Penyusup Gedung Putih adalah Veteran Perang Irak


Tiga petugas paspampres (secret service) tampak menjaga halaman Gedung Putih (20/9).

Tiga petugas paspampres (secret service) tampak menjaga halaman Gedung Putih (20/9).

Pria yang menyusup masuk ke komplek Gedung Putih adalah Omar Gonzalez (42 tahun), veteran perang Irak yang berdinas antara tahun 1997-2003 dan tahun 2005-2012.

Pihak berwenang di Amerika mengatakan tersangka laki-laki yang membawa pisau, melompati pagar dan masuk ke Gedung Putih adalah veteran perang yang banyak mendapat tanda jasa dalam perang di Irak.

Angkatan Darat Amerika hari Minggu mengatakan Omar Gonzalez yang berusia 42 tahun berdinas antara tahun 1997 hingga 2003 dan juga dari tahun 2005 hingga 2012, ketika ia pensiun karena kondisi cacat yang tidak diumumkan. Gonzalez berdinas tiga kali selama perang sembilan tahun tersebut.

Dinas Rahasia AS atau dikenal sebagai 'Secret Service' – yang bertanggungjawab melindungi Presiden Barack Obama dan keluarganya – meningkatkan patroli di sekitar Gedung Putih setelah insiden penyusupan hari Jumat (19/9) itu.

Secret Service juga telah mulai menyelidiki insiden penyusupan tersebut. Gonzalez berhasil memanjat pagar, berlari dan masuk ke Gedung Putih sebelum ditangkap.

XS
SM
MD
LG