Tautan-tautan Akses

AS

Tersangka Penembak 'Planned Parenthood' Nyatakan Diri Bersalah


Robert Lewis Dear (baju biru) melihat ke arah pengacaranya, Daniel King, saat tampil di pengadilan Colorado Springs, Colorado, Rabu (9/12).

Robert Lewis Dear (baju biru) melihat ke arah pengacaranya, Daniel King, saat tampil di pengadilan Colorado Springs, Colorado, Rabu (9/12).

Robert Lewis Dear (57 tahun) sebelumnya secara resmi didakwa melakukan pembunuhan tingkat pertama di klinik Planned Parenthood di Colorado bulan lalu.

Penembak yang dituduh membunuh tiga orang dan mencederai sembilan lainnya di klinik Planned Parenthood di Colorado bulan lalu hari Rabu (9/12) menyatakan dirinya bersalah di ruang pengadilan dengan menyebut dirinya seorang “pejuang bagi para bayi”.

Robert Lewis Dear usia 57 tahun, sebelumnya secara resmi didakwa melakukan pembunuhan tingkat pertama. Dan King pembelanya, pengacara yang juga membela James Holmes, penembak di gedung bioskop di Colorado, mengatakan kepada hakim jelas Dear secara mental tidak kompeten untuk diadili.

Dear mengatakan pengacaranya membuat Holmes “dalam keadaan tidak sadar” dan berusaha melakukan hal yang sama terhadapnya.

Polisi belum mengumumkan motif Dear. Tapi laporan-laporan mengatakan ia menyebut “tidak akan ada lagi potongan-potongan tubuh bayi” setelah ditangkap.

Dear dituduh melepaskan tembakan di dalam klinik Planned Parenthood di Spring, Colorado yang menyediakan layanan aborsi. Ia dituduh membunuh tiga orang termasuk seorang polisi dan mencederai Sembilan lainnya.

Para tetangga menggambarkan Dear sebagai orang tidak ramah dan tertutup yang tinggal sendirian di sebuah trailer tanpa listrik dan air.

Ia bisa menghadapi ancaman hukuman mati jika terbukti bersalah. [my/jm]

XS
SM
MD
LG