Tautan-tautan Akses

Tersangka Pelaku Teror di Norwegia Beli Pupuk Enam Ton


Anders Behring Breivik, 32 tahun, membeli 6 ton pupuk yang sering dipakai sebagai bahan pembuat bom bulan Mei lalu.

Anders Behring Breivik, 32 tahun, membeli 6 ton pupuk yang sering dipakai sebagai bahan pembuat bom bulan Mei lalu.

Tersangka yang bernama Anders Behring Breivik, adalah seorang Kristen fundamentalis dengan pandangan politik condong ke kanan.

Pria Norwegia yang diduga melakukan pemboman dan penembakan membabibuta, baru-baru ini membeli enam ton pupuk, bahan yang sering digunakan untuk membuat bom.

Sebuah koperasi pertanian hari Sabtu mengatakan telah menjual pupuk tersebut pada bulan Mei kepada tersangka serangan-serangan itu. Sebuah ledakan bom di pusat perkantoran pemerintah di Oslo menewaskan tujuh orang dan penembakan membabibuta yang terjadi kemudian di sebuah perkemahan pemuda di sebuah pulau menewaskan sedikitnya 85 orang.

Polisi menggambarkan tersangka, yang dilaporkan oleh media massa sebagai Anders Behring Breivik, adalah seorang Kristen fundamentalis dengan pandangan politik condong ke kanan. Polisi mengatakan dia telah mengunggah pernyataan anti-Islam di Internet dan laporan media mengatakan dia adalah orang yang sangat menentang prinsip keanekaragaman budaya di Norwegia.

Dalam sebuah pesan di Twitternya, dia baru-baru ini menerjemahkan secara bebas ucapan filsuf Inggris John Stuart Mill, dengan mengatakan, “satu orang yang punya keyakinan/ sama kekuatannya dengan 100 ribu orang yang hanya punya kepentingan.”

Breivik mengelola sebuah koperasi perkebunan sayur-sayuran yang bernama Breivik GeoFarm. Di perkebunan itu, dia menanam sayur, semangka dan umbi-umbian. Koperasi itu mengatakan jumlah pembelian pupuk Breivik digambarkan sebagai pembelian yang biasa-biasa saja untuk perkebunan seperti miliknya itu. Namun, koperasi itu memberitahu pihak berwenang tentang pembelian itu ketika mengetahui Breivik adalah tersangka pemboman. Media Norwegia mengatakan, bom besar di kantor pemerintah itu terbuat dari pupuk.

Polisi mengatakan Breivik menunjukkan sikap kerjasama dalam penyelidikan. Seorang petugas polisi mengatakan tersangka menjelaskan bahwa dia ingin menjelaskan siapa dia sebenarnya. Media Norwegia juga melaporkan bahwa Breivik mengatakan di laman Facebooknya dia suka bermain game komputer, seperti World of Warcraft dan Modern Warfare Two.

Pengungkapan pembelian pupuk oleh Breivik terjadi ketika polisi Norwegia menyelidiki kemungkinan adanya pelaku penembakan kedua yang terlibat dalam serangan di perkemahan pemuda di pulau Utoeya yang indah itu. Beberapa ratus remaja berkumpul di sana dalam program musim panas yang disponsori partai berkuasa Norwegia, Partai Buruh.

Sambil polisi menginterogasi Breivik, kantor berita nasional Norwegia NTB mengatakan hari Sabtu bahwa saksi mata di Utoeya telah memberitahu polisi bahwa ada dua orang terlibat penembakan itu. Pria yang sudah ditahan itu menyamar sebagai seorang polisi, mengenakan sweater yang disemati sebuah lencana kepolisian. Namun, pelaku kedua tidak.

XS
SM
MD
LG