Tautan-tautan Akses

Tersangka ke-6 Kasus Pembunuhan Berta Caceres Ditangkap


Berta Caceres saat menerima penghargaan Goldman Environmental di San Francisco, 20 April 2015. (Foto: dok).

Berta Caceres saat menerima penghargaan Goldman Environmental di San Francisco, 20 April 2015. (Foto: dok).

Tim penyidik ​​masih berusaha mencari tahu siapa yang memerintahkan pembunuhan Caceres, aktivis suku Lenca Indian yang memenangkan Goldman Environmental Prize 2015.

Tersangka ke-6 yang terlibat dalam pembunuhan aktivis lingkungan dan pemimpin masyarakat adat Berta Caceres ditangkap Kamis (8/9), kata pihak berwenang Honduras.

Elvin Heriberto Rapalo Orellana, juga dikenal sebagai El Comanche, adalah orang terakhir yang dicari pihak berwenang karena diduga melakukan pembunuhan itu.

Ricardo Castro, kepala unit investigasi kriminal negara Amerika Tengah itu, mengatakan Orellana juga bisa berada di balik penembakan aktivis Meksiko Gustavo Castro yang bersama dengan Caceres ketika serangan itu terjadi pada bulan Maret. Castro selamat dari serangan tersebut.

Tim penyidik masih berusaha mencari tahu siapa yang memerintahkan pembunuhan itu. Caceres, aktivis suku Lenca Indian yang memenangkan Goldman Environmental Prize 2015, ditembak mati oleh tiga orang bersenjata yang memasuki rumahnya.

Caceres menentang pembangunan Dam Agua Zarca di Sungai Gualcarque, aliran air yang dianggap suci oleh suku Lenca. Para penentang berpendapat dam itu akan menghancurkan kehidupan ratusan orang Lenca dengan memotong akses mereka ke sungai itu.

Di antara tersangka yang telah ditangkap adalah seorang tentara dan seorang pria yang mungkin bekerja untuk perusahaan yang akan membangun pembangkit listrik tenaga air di sana. [as/ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG