Tautan-tautan Akses

Tersangka al-Qaida di Libya Dibawa ke Amerika


Warga Libya di kota Benghazi melakukan protes atas penangkapan Abu Anas al-Libi di Tripoli (11/10).

Warga Libya di kota Benghazi melakukan protes atas penangkapan Abu Anas al-Libi di Tripoli (11/10).

Tersangka Al-Qaida Abu Anas al-Libi, yang ditangkap oleh pasukan khusus AS di Tripoli 5 Oktober lalu, kini berada di New York untuk menghadapi dakwaan.

Laporan-laporan media Amerika mengatakan tersangka teroris Libya yang ditangkap dalam sebuah serangan oleh pasukan khusus Amerika di Tripoli kini berada di New York untuk menghadapi dakwaan.

Tersangka Al-Qaida, yang dikenal sebagai Abu Anas al-Libi, diculik dalam operasi militer Amerika tanggal 5 Oktober dan sejak itu ditahan dalam sebuah kapal perang Amerika.

Associated Press dan jaringan stasiun televisi Amerika hari Senin mengatakan al-Libi kini berada di New York, di mana ia telah dituduh secara resmi oleh pemerintah Amerika lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Ia diperkirakan akan diadili dengan tuduhan membantu merencanakan dan melakukan pengintaian atas pengeboman kedutaan besar Amerika di Afrika tahun 1998.

Para pejabat mengatakan al-Libi, yang nama lengkapnya adalah Nazih Abdul-Hamed al-Ruqai, kemungkinan akan dihadapkan ke pengadilan hari Selasa.

Ia termasuk dalam daftar buronan teroris FBI namun keluarganya membantah hubungan al-Libi dengan Al-Qaida.
XS
SM
MD
LG