Tautan-tautan Akses

Terpilih Kembali, Obama Berjanji Majukan Amerika


Dalam pidato kemenangannya, Presiden Obama mengatakan bahwa “yang terbaik akan tiba” bagi bangsa Amerika (7/11).

Dalam pidato kemenangannya, Presiden Obama mengatakan bahwa “yang terbaik akan tiba” bagi bangsa Amerika (7/11).

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia berharap akan menggerakkan Amerika ke depan setelah dipastikan terpilih kembali dalam pilpres AS hari Selasa (6/11).

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia berharap akan menggerakkan Amerika ke depan setelah masa kampanye kepresidenan yang sengit, di mana ia mengalahkan penantangnya dari Partai Republik Mitt Romney – untuk memenangkan masa jabatan kedua.

Presiden Obama berterima kasih kepada para pendukungnya yang bersorak-sorai di markas Partai Demokrat di Chicago Rabu pagi, dengan mengatakan “yang terbaik akan tiba”.

Obama mengatakan ia berharap untuk mendiskusikan dengan Mitt Romney di bidang-bidang dimana mereka berdua dapat bekerjasama.

Dalam pidato kemenangannya, Presiden Obama mengakui perbedaan pandangan politik yang dalam di Amerika, tetapi menambahkan bahwa warga Amerika sama-sama mempunyai impian yang sama bagi bangsa. Ia mengatakan mereka bangkit dan jatuh bersama sebagai satu negara dan bangsa.

Presiden Obama mengucapkan terima kasih kepada Mitt Romney dan calon wakil presiden Paul Ryan, dengan mengatakan meskipun mereka bertarung sengit dan tidak sependapat pada beberapa isu, kedua pihak sama-sama sangat mencintai Amerika.

Mitt Romney mengakui kekalahannya dalam sebuah pidato yang disampaikannya di depan kerumunan massa pendukungnya yang kecewa di Boston – Massachusetts, negara bagian dimana ia pernah menjadi gubernur, namun kini dimenangkan Obama hari Selasa.

Hasil perhitungan suara pemilu hari Selasa menunjukkan Barack Obama dari Partai Demokrat memenangkan 303 suara elektoral dan Mitt Romney meraih 206 suara elektoral. Negara bagian Florida masih belum diputuskan hasilnya.

Obama menang di Washington DC dan 25 negara bagian lain, termasuk beberapa negara bagian kunci seperti Ohio, Virginia, Iowa, New Hampshire dan Pennsylvania. Sementara Mitt Romney memenangkan 24 negara bagian termasuk North Carolina dan Indiana, yang pada pemilu tahun 2008 lalu dimenangkan Obama.

Warga Amerika juga memilih 435 anggota DPR dan 33 dari 100 anggota Senat. Partai Republik tetap menguasai DPR, sementara Partai Demokrat menguasai Senat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG