Tautan-tautan Akses

Terowongan Narkoba Utama Ditemukan di bawah Perbatasan AS-Meksiko


Pihak berwajib AS mengamati pintu masuk terowongan narkoba di Otay Mesa, California selatan (15/11).

Pihak berwajib AS mengamati pintu masuk terowongan narkoba di Otay Mesa, California selatan (15/11).

Pihak berwenang Amerika juga menyita 14 ton mariyuana di dalam terowongan antara Tijuana, Meksiko dan San Diego, California.

Pihak berwenang Amerika telah menemukan sebuah terowongan utama untuk menyelundupkan narkoba, di bawah perbatasan dengan Meksiko, dan menyita 14 ton mariyuana di dalam terowongan itu.

Para pejabat mengatakan terowongan lintas-batas itu menghubungkan gudang-gudang di kota Tijuana, Meksiko dan kawasan industri di kota San Diego, negarabagian California. Tim penyelidik juga mengatakan terowongan tersebut yang ditemukan hari Selasa (15/11) memiliki sistem ventilasi.

Bulan November tahun 2010 lalu, penggerebekan pada dua terowongan yang menghubungkan California dan Meksiko menghasilkan 50 ton mariyuana dari kedua sisi perbatasan.

Terowongan itu dilengkapi sistem kereta yang menggunakan rel, lampu dan ventilasi. Terowongan-terowongan tersebut merupakan beberapa di antara puluhan terowongan yang ditemukan dalam beberapa tahun terakhir.

Meksiko sedang diamuk aksi kekerasan kelompok narkoba yang telah menewaskan sekitar 45.000 orang, sejak Presiden Felipe Calderon berkuasa pada akhir tahun 2006 dan memulai aksi penumpasan terhadap kartel-kartel narkoba.

XS
SM
MD
LG