Tautan-tautan Akses

Teroris Tewaskan 3 Tentara Pakistan


Petugas kepolisian Pakistan dan penduduk loka berkumpul di lokasi insiden penembakan di Garhi Sohbat Khan (18/9). Peshawar, Pakistan. (foto: AP Photo/Mohammad Sajjad)

Petugas kepolisian Pakistan dan penduduk loka berkumpul di lokasi insiden penembakan di Garhi Sohbat Khan (18/9). Peshawar, Pakistan. (foto: AP Photo/Mohammad Sajjad)

Dua orang bersenjata menewaskan 3 tentara di pinggir kota Peshawar, ibukota provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan barat-laut.

Polisi di Pakistan mengatakan orang-orang bersenjata yang mengendarai sepeda-motor menewaskan 3 tentara di pinggir kota Peshawar, ibukota provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan barat-laut.

Tentara tersebut sedang naik mobil kombi ketika orang bersenjata tadi menyerang hari Minggu.

Jamaatul Ahrar (JuA), faksi sempalan Taliban, telah mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu.

Militan Islamis telah terlibat dalam serangan serupa di daerah itu, yang dekat dengan daerah Mohmand, satu dari 7 daerah semi-otonom Pakistan di perbatasan Afghanistan.

Hari Jumat, satu ledakan bunuh diri menghancurkan sebuah masjid yang ramai di daerah Mohmand menewaskan paling sedikit 23 orang dan melukai puluhan lainnya.

JuA telah mengaku bertanggung-jawab atas serangan hari Jumat itu, dengan mengatakan si pembom menyerang masjid itu karena para anggota milisi suku terpencil yang pro-pemerintah, yang bernama Komite Perdamaian, terdapat diantara Jemaah.

Bulan lalu, Amerika Serikat menetapkkan JuA sebagai organisasi teroris sedunia, dengan alasan kelompok itu telah melancarkan banyak serangan terhadap kaum sipil, minoritas agama, anggota militer dan penegak hukum, dan bertanggung-jawab atas pembunuhan dua orang warga Pakistan yang bekerja pada konsulat Amerika di Peshawar awal Maret lalu.

Para pejabat Pakistan menuduh kelompok teroris itu beroperasi dari daerah perbatasan Afghanistan dan mendapat bantuan dari badan intelijens negara tetangga, tuduhan yang telah dibantah Kabul.

Militan yang terkait dengan Taliban Pakistan dan JuA telah menewaskan puluhan ribu orang dalam 10 tahun ini dengan serangan bunuh-diri dan serangn teroris lain di seluruh Pakistan. [gp]

XS
SM
MD
LG