Tautan-tautan Akses

Terkait Skandal Korupsi, Beberapa Pejabat Turki Mengundurkan Diri


PM Turki Recep Tayyip Erdogan amemberikan sambutan di hadapan para pendukungnya setibanya di bandara Esenboga di Ankara (24/12).

PM Turki Recep Tayyip Erdogan amemberikan sambutan di hadapan para pendukungnya setibanya di bandara Esenboga di Ankara (24/12).

Menteri Dalam Negeri dan Menteri Ekonomi Turki mengundurkan diri sehubungan dengan skandal korupsi tingkat tinggi di negara itu.

Anak-anak Menteri Ekonomi Zafer Caglayan dan Menteri Dalam Negeri Muammer Guler berada diantara 24 orang yang ditangkap pekan lalu atas tuduhan korupsi dalam kasus yang melibatkan pemberi pinjaman Halkbank yang dikelola negara.

Hari Minggu (23/12) Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan saingannya ia akan memburu mereka dan - dalam kata-katanya - "mematahkan tangan mereka" jika mereka menggunakan skandal korupsi yang meluas untuk melemahkan pemerintahannya.

Sementara ia membuat komentar tersebut, kerumunan pemrotes yang marah berkumpul di Lapangan Kadikoy untuk menyerukan pengunduran diri pemerintahan Partai Keadilan dan Pembangunan yang dipimpin Erdogan.

Perdana menteri itu telah menanggapi penyelidikan Halkbank tersebut dengan melakukan pembersihan di kepolisian, memecat pejabat kepolisian karena bekerja sama dengan penyelidikan tanpa izin.
XS
SM
MD
LG