Tautan-tautan Akses

Terjebak Kebakaran Hutan, Sedikitnya 6 Pendaki Tewas, 2 Kritis


Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (kanan) dan Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson (kiri) di kantor BNPB, Minggu, 11 Oktober 2015. (Foto: dok)

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (kanan) dan Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson (kiri) di kantor BNPB, Minggu, 11 Oktober 2015. (Foto: dok)

Sedikitnya enam pendaki tewas dan dua lainnya kritis akibat terjebak dalam kebakaran hutan di sekitar Gunung Lawu, Jawa Timur Minggu sore (18/10).

Menurut keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada VOA, kepulan asap sudah terlihat di salah satu pos pendakian Gunung Lawu pada sekitar jam delapan pagi dan masyarakat bersama tim gabungan dari Perhutani dan aparat mendatangi lokasi untuk memadamkan api. Diduga api berasal dari api unggun pendaki gunung yang belum sepenuhnya padam ketika ditinggalkan.

Sekitar jam dua siang seorang warga desa mengabarkan telah menolong seorang pendaki yang terjebak kebakaran. Korban diidentifikasi sebagai Dita Kurniawan, 18 tahun, pelajar SMK Yosonegoro Magetan Jawa Timur. Ia mengatakan telah melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Kandang bersama 13 orang, 11 lainnya belum diketahui keberadaannya karena berpisah dalam perjalanan. Minggu sore aparat menemukan seorang korban lain yang mengalami luka bakar hingga 50% yang langsung dilarikan ke RSUD Sayidiman Magetan.

Tim gabungan TNI, Polri, BPBD, perkumpulan masyarakat “Anak Gunung Lawu” dan warga Cemoro Sewu serta Singolangu melakukan penyisiran Minggu sore dan mendapati 6 pendaki meninggal, 2 lainnya kritis. Hingga laporan ini disampaikan, upaya evakuasi masih terus dilakukan. [em]

XS
SM
MD
LG