Tautan-tautan Akses

Laporan: Tentara Turki Dibakar ISIS Hidup-hidup


Dua tentara Turki berpatroli dekat perbatasan dengan Suriah, di luar desa Elbeyli, sebelah timur kota Kilis, Turki tenggara. (Foto: Dok)

Dua tentara Turki berpatroli dekat perbatasan dengan Suriah, di luar desa Elbeyli, sebelah timur kota Kilis, Turki tenggara. (Foto: Dok)

Bulan lalu, ISIS melaporkan telah menculik dua orang tentara Turki di Suriah utara, di mana pasukan Turki terlibat serangan melawan kelompok ekstremis itu.

Sebuah rekaman video yang dilaporkan menunjukkan dua orang tentara Turki yang tertangkap, dan dibakar hidup-hidup, telah dirilis oleh kelompok Negara Islam (ISIS) di Suriah hari Kamis (22/12).

Menurut kelompok intelijen SITE yang berkantor di Amerika Serikat, yang memantau kegiatan kelompok-kelompok militan, ISIS di provinsi Aleppo merilis video yang menunjukkan kedua tentara Turki itu dikeluarkan dari sebuah kandang, kemudian diikat dengan rantai dan dibakar hidup-hidup.

Kantor berita Reuters tidak berhasil mengukuhkan berita itu ataupun mendapat keterangan lebih lanjut dari pejabat-pejabat Turki.

Bulan lalu, ISIS melaporkan telah menculik dua orang tentara Turki di Suriah utara, di mana pasukan Turki terlibat serangan melawan kelompok ekstremis itu. Kata pejabat Turki, mereka kehilangan kontak dengan dua orang tentaranya yang hilang di kawasan itu.

Bulan Februari tahun lalu, ISIS merilis video serupa yang menunjukkan seorang pilot Yordania dibakar hidup-hidup dalam sebuah kandang besi. Pesawat yang dikemudikan pilot Muath al-Kaseasbeh jatuh di Suriah akhir Desember 2014 saat ikut melakukan serangan bersama koalisi pimpinan Amerika. [isa/sp]

XS
SM
MD
LG