Tautan-tautan Akses

Tentara Suriah Rebut Kota Utama Pemberontak dekat Lebanon


Korban pertarungan antara pemerintah Suriah dan pejuang Hizbullah

Korban pertarungan antara pemerintah Suriah dan pejuang Hizbullah

Tentara Suriah telah merebut kota utama yang dikuasai pemberontak dekat perbatasan dengan Lebanon.

Media pemerintah dan aktivis mengatakan tentara Suriah hari Minggu mengambil kendali Yabroud, benteng terakhir pemberontak di wilayah Qalamoun, di mana pasukan pemerintah telah melancarkan serangan untuk memutuskan jalur pasokan pemberontak melintasi perbatasan.

Media pemerintah melaporkan bahwa pasukan militer Suriah menyisir kota Yabroud dan menyingkirkan bahan peledak yang ditanam oleh pemberontak.

Seorang jurubicara militer Suriah mengatakan kepada VOA hari Minggu bahwa direbutnya kota Yabroud akan membuat pemerintah memutus akses pemberontak ke perbekalan di negara tetangga, Lebanon.

Tetapi seorang anggota pemberontak mengatakan kepada TV al-Arabiya bahwa kantung-kantung pasukan pemberontak masih ada di beberapa bagian Yabroud, setelah mereka mundur dari pusat kota. Ia mengatakan tentara Suriah telah menggempur posisi-posisi pemberontak selama berhari-hari.

Lebih dari 140.000 orang tewas dan 2,5 juta lainnya melarikan diri dari negara itu sejak perang saudara di Suriah mulai berkobar pada bulan Maret 2011. Konflik dimulai dengan protes massa di jalan-jalan menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad dan berubah menjadi pemberontakan setelah tentara melakukan kekerasan terhadap demonstran.
XS
SM
MD
LG