Tautan-tautan Akses

Tentara Suriah Mulai Tinggalkan Latakia, Sedikitnya 35 Tewas


Pasukan Suriah dengan kendaraan bersenjata saat melakukan penyerbuan di Latakia (15/8).

Pasukan Suriah dengan kendaraan bersenjata saat melakukan penyerbuan di Latakia (15/8).

Presiden Bashar al-Assad menuai kutukan dari masyarakat Internasional sehubungan dengan tindakan keras yang dilakukannya terhadap para demonstran di negaranya.

Media pemerintah Suriah mengatakan pasukan keamanan pemerintah mulai keluar dari kota pelabuhan Latakia. Beberapa aktivis HAM mengatakan tentara telah menewaskan paling sedikit 35 orang dalam 4 hari tindakan keras terhadap para demonstran oposisi.

Menurut kantor berita pemerintah Suriah, SANA, militer telah menyelesaikan misinya dan menuding “kelompok-kelompok teroris” sebagai penyebab kerusuhan di kota itu.

Akibat tindakan keras terhadap para demonstran di negaranya, kutukan masyarakat internasional kepada Presiden Bashar al-Assad semakin meningkat.

Para aktivis dan penduduk kota itu mengatakan pasukan keamanan melepaskan tembakan gencar dengan menggunakan senapan mesin, hari Selasa (16/8). Sedikitnya lima orang tewas dalam peristiwa itu.

Suriah juga mengatakan negara itu sudah mulai menarik pasukannya dari Deir el-Zour, kira-kira seminggu setelah melancarkan serangan terhadap kota di Suriah timur itu.

XS
SM
MD
LG