Tautan-tautan Akses

Tentara Suriah Gunakan Peluru Tajam, Sedikitnya 4 Tewas


Pasukan Suriah melakukan penjagaan ketat di kota Daraa (foto: dok). Saksi mata mengatakan pasukan Suriah menggunakan peluru tajam terhadap demonstran.

Pasukan Suriah melakukan penjagaan ketat di kota Daraa (foto: dok). Saksi mata mengatakan pasukan Suriah menggunakan peluru tajam terhadap demonstran.

Para aktivis dan saksi mata mengatakan tentara melepaskan tembakan dengan peluru tajam untuk membubarkan demo di Daraa dan Latakia.

Pasukan keamanan Suriah menggunakan peluru tajam dan gas air mata terhadap para demonstran yang turun ke jalan di berbagai tempat di negara itu hari Jumat. Para aktivis dan saksi mata mengatakan tentara melepaskan tembakan untuk membubarkan demo di Daraa dan di kota pantai Latakia.

Setidaknya empat orang tewas setelah pasukan keamanan Suriah melepaskan tembakan ke arah demonstran yang berkumpul untuk demonstrasi besar-besaran di seluruh Suriah hari Jumat.

Kelompok HAM dan saksi mengatakan kematian terjadi di kota tepi laut Latakia. Laporan-laporan media pemerintah menyebutkan "penyabot bertopeng" melepaskan tembakan dan melemparkan dinamit ke pasukan keamanan dan warga sipil di Latakia.

Ada juga laporan kematian di Daraa, kota di Suriah selatan, pinggiran kota Damaskus dan provinsi Deir el-Zour di Suriah timur. Hari Kamis, para aktivis mengatakan pasukan keamanan menembak dan menewaskan setidaknya dua warga sipil di provinsi tersebut.

Secara keseluruhan, ribuan demonstran turun ke jalan-jalan hari Jumat menuntut agar presiden Bashar al-Assad mengundurkan diri dalam aksi yang sudah menjadi acara mingguan.

Aksi protes itu dilakukan tidak lama setelah pemerintah mengumumkan bahwa "penyabot" itu telah membom pipa minyak di dekat kota Homs, Suriah tengah.

Berbagai laporan media pemerintah menyebutkan ledakan itu menimbulkan kawah besar di lokasi itu dan menyebabkan kebocoran minyak.

XS
SM
MD
LG