Tautan-tautan Akses

Tentara Sudan Bertempur dengan Pemberontak di Darfur


Pemimpin militer Gerakan Persamaan dan Keadilan, Khalil Ibrahim (dokumentasi).

Pemimpin militer Gerakan Persamaan dan Keadilan, Khalil Ibrahim (dokumentasi).

Jurubicara tentara Sudan mengatakan pemberontak menyergap satuan angkatan darat di jalan utama Darfur utara-selatan hari Jumat.

Angkatan Darat Sudan mengatakan tentaranya bertempur dengan pemberontak di daerah Darfur, Sudan Barat, yang menewaskan paling sedikit 21 orang.

Juru bicara tentara Sudan mengatakan pemberontak menyergap satuan angkatan darat di jalan utama Darfur utara-selatan hari Jumat, yang menyulut tembak-menembak selama berjam-jam yang menjatuhkan korban pada kedua pihak.

Ia mengatakan pemberontak yang mendalangi serangan itu dipimpin oleh Gerakan Persamaan dan Keadilan, yang turut dalam pembicaraan perdamaian yang goyah dengan pemerintah.

Juru bicara pemberontak mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa ia mengetahui terjadinya pertempuran tetapi ia masih menunggu laporan terinci dari para komandan di lapangan.

Darfur telah dilanda oleh konflik sejak mulainya pemberontakan bersenjata tahun 2003, dengan menuduh pemerintah meremehkan daerah Darfur, Sudan barat. PBB mengatakan lebih dari 300 ribu orang telah tewas dalam kekerasan Darfur dan 2,7 juta lainnya mengungsi. Pemerintah Sudan mencatat jumlah yang tewas jauh lebih rendah, 10 ribu orang.

XS
SM
MD
LG