Tautan-tautan Akses

Tentara Sudan Bentrok dengan Pemberontak Darfur


Tentara pemberontak JEM yang berbasis di Darfur, Sudan (foto: dok).

Tentara pemberontak JEM yang berbasis di Darfur, Sudan (foto: dok).

Pemberontak Sudan bentrok dengan tentara di negara bagian Kordofan Utara menjelang tindakan pemerintah Sudan menutup pipa minyak dari Sudan Selatan.

Pemberontak Sudan bentrok dengan tentara di negara bagian Kordofan Utara menjelang tindakan pemerintah Sudan menutup pipa minyak dari Sudan Selatan karena tuduhan bahwa Sudan Selatan mendukung pemberontak.

Jurubicara Gerakan Keadilan dan Kesetaraan, JEM, yang berbasis di Darfur mengatakan, pemberontak menyerang posisi-posisi tentara di wilayah tengah hari Rabu.

Jurubicara tentara mengatakan, pemberontak menyerang sebuah desa dan berusaha mencuri barang-barang penduduk ketika dipukul mundur tentara.

JEM adalah bagian dari Front Revolusi Sudan, sebuah aliansi yang bertujuan menggulingkan pemerintahan presiden Omar al-Bashir.

Bashir mengatakan, pemberontak menerima dukungan dari Sudan Selatan, tuduhan yang dibantah Sudan Selatan. Bulan Juni, Sudan memberikan tenggat 60 hari untuk berhenti mengizinkan minyak Sudan Selatan disalurkan menggunakan pipa minyak Sudan. Tenggat akan jatuh tanggal 7 Agustus.
XS
SM
MD
LG