Tautan-tautan Akses

Tentara Pakistan Lancarkan Operasi terhadap Militan


Militer Pakistan melancarkan serangkaian serangan atas militan di Waziristan Utara Minggu (15/6) pagi (foto: dok).

Militer Pakistan melancarkan serangkaian serangan atas militan di Waziristan Utara Minggu (15/6) pagi (foto: dok).

Militer Pakistan memulai operasi terhadap militan lokal dan asing di kawasan kesukuan Waziristan, Afghanistan barat daya Minggu (15/6).

Tentara Pakistan mengatakan pihaknya sudah memulai “operasi komprehensif” terhadap militan lokal dan asing di kawasan kesukuan Afghanistan barat daya, suatu langkah yang secara efektif mengakhiri kebijakan pemerintah untuk berunding dengan para militan.

Berita tentang operasi itu menyusul serangan militan terhadap sebuah bandara di Karachi pekan lalu yang menewaskan hampir 40 orang – termasuk 10 penyerang.

Militan dari Uzbekistan bersama Taliban-Pakistan mengklaim bertanggungjawab terhadap serangan di bandara Karachi itu.

Pihak militer Pakistan masih belum mengeluarkan informasi tentang jangkauan operasi baru mereka di kawasan kesukuan itu atau operasi susulan lainnya.

Minggu pagi tentara mengatakan telah melancarkan serangkaian serangan menjelang subuh di Waziristan Utara yang menewaskan 80 teroris – terutama yang berasal dari Uzbekistan.

Pejabat-pejabat keamanan mengatakan delapan tempat persembunyian dan gudang amunisi telah dihancurkan. Pernyataan resmi menyatakan ada beberapa laporan yang berhasil dikonfirmasi tentang kehadiran teroris lokal dan asing yang terkait dengan rencana menyerang bandara di Karachi pekan lalu.

Ekstrimis Uzbekistan adalah kunci penting bagi Taliban-Pakistan untuk melancarkan pemberontakan terhadap pemerintah Pakistan.
XS
SM
MD
LG