Tautan-tautan Akses

Tentara Libya Tangkap Mantan Jubir Gaddafi


Mantan juru bicara Gaddafi, Moussa Ibrahim (foto: dok), dilaporkan telah berhasil ditangkap pasukan pemerintah Libya.

Mantan juru bicara Gaddafi, Moussa Ibrahim (foto: dok), dilaporkan telah berhasil ditangkap pasukan pemerintah Libya.

Libya mengatakan pasukan pemerintah menangkap mantan juru bicara Moammar Gaddafi hari Sabtu, tepat satu tahun setelah penangkapan dan kematian diktator itu.

Pernyataan pemerintah menyebutkan Moussa Ibrahim ditangkap di pos pemeriksaan di kota Tarhuna dan akan dibawa kepada pihak berwenang di Tripoli untuk diinterogasi.

Ibrahim adalah jurubicara Gaddafi selama perang saudara Libya tahun 2011. Keberadaannya belum diketahui sejak jatuhnya Tripoli Agustus tahun itu. Moammar Gaddafi meninggal 20 Oktober 2011, setelah konvoi pendukungnya yang hendak lari dari kota Sirte, dihantam serangan udara dan diserang anggota milisi.

Beberapa jam setelah pengumuman penangkapan Ibrahim, rekaman pada halaman Facebook mantan jurubicara itu membantah klaim penahanan oleh pemerintah tersebut. Rekaman, yang belum dikukuhkan itu, menyatakan Ibrahim bebas dan tinggal di luar negeri.

Laporan penangkapan Ibrahim muncul ketika pihak berwenang mengatakan Libya masih belum bebas dari empat dekade warisan Gaddafi, dan memperingatkan, orang yang setia pada sang diktator masih mengancam stabilitas negara yang dilanda perang tersebut.
XS
SM
MD
LG