Tautan-tautan Akses

Tentara Israel yang Ditangkap Hamas Tewas dalam Pertempuran


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

Militer Israel telah menetapkan bahwa tentaranya yang berusia 23 tahun, yang sebelumnya dikatakan ditangkap Hamas hari Jumat, tewas dalam pertempuran.

Juru bicara militer mengatakan kepala rabbinya menyatakan Letnan Dua Hadar Goldin tewas dan secara pribadi menyampaikan berita itu kepada keluarganya.

Tentara awalnya mengatakan pejuang Hamas menculik Goldin ketika seorang pembom bunuh diri menyerang tentara Israel yang sedang membongkar terowongan dekat Rafah hari Jumat. Serangan itu menewaskan dua tentara Israel lainnya dan mengakhiri gencatan senjata setelah berlangsung satu jam lebih sedikit. Pernyataan militer hari Sabtu menyebutkan Goldin "tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza hari Jumat."

Hamas tidak pernah mengukuhkan mereka menculik Goldin.

Pernyataan militer Israel itu dikeluarkan beberapa jam setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan tentara Israel akan menuntaskan pekerjaan menghancurkan terowongan-terowongan Hamas, kemudian menempatkan tentara sesuai kebutuhan keamanan Israel.

Netanyahu mengatakan Israel telah menghancurkan puluhan terowongan yang digunakan Hamas untuk menyelundupkan senjata dan pejuang dari Gaza, masuk ke wilayah Israel. Ia juga mengatakan sudah ratusan militan Hamas tewas sejak Israel melancarkan operasi darat dan udara hampir sebulan lalu. Perdana menteri itu memperingatkan, Hamas akan membayar harga yang 'tidak tertahankan' jika tidak menghentikan serangan roket ke Israel.

XS
SM
MD
LG