Tautan-tautan Akses

Tentara Inggris Tewas sewaktu Selamatkan Polisi Afghanistan


Anggota pasukan Inggris dalam sebuah operasi di provinsi Helmand, Afghanistan (foto: dok). Seorang tentara Inggris tewas saat melakukan penyelamatan polisi Afghanistan yang diculik pemberontak.

Anggota pasukan Inggris dalam sebuah operasi di provinsi Helmand, Afghanistan (foto: dok). Seorang tentara Inggris tewas saat melakukan penyelamatan polisi Afghanistan yang diculik pemberontak.

Seorang tentara Inggris tewas sewaktu berlangsung operasi penyelamatan seorang polisi Afghanistan di Afghanistan Selatan.

Gubernur Helmand mengatakan pemberontak bersenjata menculik seorang polisi Afghanistan di pos pemeriksaan di distrik Nar-e-Seraj, Minggu larut malam.

Para pejabat NATO dan Afghanistan Senin menyatakan bahwa pasukan Inggris berhasil membebaskan polisi yang diculik tersebut, tetapi pemberontak berhasil meloloskan diri. Seorang tentara Inggris tewas dan seorang lagi luka-luka dalam operasi penyelamatan tersebut.

Gubernur Helmand mengeluarkan pernyataan bahwa ia dan warga setempat tidak akan pernah melupakan pengorbanan tentara Inggris dan menyampaikan ucapan belasungkawa kepada pemerintah Inggris.

Pasukan internasional sedang dalam proses ditarik dan mengalihkan tanggungjawab keamanan kepada pihak Afghanistan sebelum akhir 2014, sewaktu seluruh pasukan tempur asing siap meninggalkan Afghanistan.

Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen Senin mengatakan bahwa tentara dan polisi Afghanistan memimpin tanggungjawab keamanan bagi 75 persen rakyat Afghanistan. Ia mengatakan kepada wartawan di Brussels bahwa lebih dari 330 ribu aparat keamanan Afghanistan dilatih dan siap mengamankan negara mereka dan bahwa 18 batalion militer serta 65 unit kepolisian telah dinyatakan mampu melakukan operasi pengamanan secara independen, dengan bimbingan NATO.

Rasmussen juga mengatakan NATO telah mencapai kesepakatan dengan negara-negara Asia Tengah, Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Uzbekistan, mengenai pemberian izin bagi koalisi untuk memindahkan peralatan dan kendaraan militer melalui wilayah mereka sewaktu NATO mengurangi keterlibatannya dalam perang Afghanistan. Sekjen NATO itu Senin mengatakan bahwa kesepakatan tersebut memberi seperangkat opsi baru serta jejaring transportasi yang kokoh dan fleksibel yang diperlukan.
XS
SM
MD
LG