Tautan-tautan Akses

Tentara India yang Diselamatkan dari Himalaya Meninggal Dunia


Tentara India berupaya memecah es dan salju untuk mencari rekan-rekannya yang tertimbun salju longsor di dataran tinggi Siachen (8/2).

Tentara India berupaya memecah es dan salju untuk mencari rekan-rekannya yang tertimbun salju longsor di dataran tinggi Siachen (8/2).

Hanamanthappa Koppad dan sembilan tentara lainnya terkubur di bawah tembok es pada 3 Februari lalu, pada waktu longsoran salju besar menghantam pos militer mereka di Gletser Siachen.

Seorang tentara India yang diselamatkan setelah terperangkap selama enam hari di bawah timbunan salju 10 meter di ketinggian Himalaya di wilayah Kashmir India, meninggal dunia hari Kamis, kata para pejabat militer.

Hanamanthappa Koppad dan sembilan tentara lainnya terkubur di bawah tembok es pada 3 Februari lalu, pada waktu longsoran salju besar menghantam pos militer mereka di Gletser Siachen, yang terletak di wilayah yang memisahkan India dan Pakistan. Tempat ini dikenal sebagai medan tempur tertinggi di dunia.

Sementara tentara lainnya tewas di lokasi, tim penyelamat menemukan Koppad berhasil selamat berkat adanya kantong udara. Para dokter dan pakar menyebutnya sebagai suatu mukjizat sewaktu ia berhasil diselamatkan Senin malam.

Ia dibawa ke sebuah rumah sakit di New Delhi, di mana para dokter menyebut kondisinya sangat kritis, seraya menyatakan ia dalam keadaan koma dan mengalami gagal fungsi berbagai organ tubuhnya.

PM India Narendra Modi menulis pesan Twitter bahwa kematian Koppad menyebabkan negara berduka. [uh]

XS
SM
MD
LG