Tautan-tautan Akses

Tentara AS yang Diduga Bunuh 16 Warga Sipil, Diterbangkan ke Kuwait


Warga Afghanistan yang marah membakar boneka Presiden Barack Obama, menyusul pembunuhan 16 warga sipil di distrik Panjawi, Kandahar (14/3).

Warga Afghanistan yang marah membakar boneka Presiden Barack Obama, menyusul pembunuhan 16 warga sipil di distrik Panjawi, Kandahar (14/3).

Departemen Pertahanan Amerika mengatakan tentara yang dituduh melakukan penembakan membabibuta di Afghanistan telah diterbangkan keluar dari negara itu, demi keselamatannya.

Seorang pejabat tinggi Amerika yang tidak disebut namanya mengatakan tentara tersebut diterbangkan Rabu malam ke Kuwait, dimana militer Amerika mempunyai beberapa sarana tahanan. Sersan Amerika itu, yang belum disebut namanya atau dikenakan dakwaan, dituduh membunuh 16 orang penduduk desa sipil tidak jauh dari provinsi Kandahar hari Minggu.

Jurubicara Pentagon mengatakan tentara tersebut diterbangkan keluar Afghanistan demi keselamatannya dan untuk membuatnya lebih mudah ditemui oleh para penyelidik. Ia mengatakan pemindahan itu belum tentu berarti peradilannya bukan di Afghanistan, sebagaimana dituntut oleh banyak warga Afghanistan.

Juru bicara Pentagon George Little hari Rabu mengatakan Leon Panetta bertemu dengan para pejabat propinsi Afghanistan selagi berkeliling Afghanistan. George Little mengatakan Leon Panetta memberitahu para pemimpin Afghanistan bahwa insiden-insiden itu tidak mewakili warga Afghanistan, pasukan keamanan Afganistan atau pasukan koalisi dan pasukan Amerika.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panneta yang berkunjung ke Afghanistan selatan hari Rabu mengatakan kekerasan baru-baru ini di Afghanistan, termasuk serangan oleh tentara Amerika itu, tidak akan mempengaruhi misi Amerika di negara itu. Sekalipun Panetta mengatakan insiden itu sangat menggusarkan, ia mengatakan itu tidak memberi kesan negatif mengenai tingkah laku pasukan NATO keseluruhan.

Kira-kira pada waktu yang sama Panetta tiba di Afghanistan, pejabat mengatakan seorang warga Afghanistan mencuri kendaraan dan membawanya ke jalan masuk landasan pacu, lalu jatuh ke parit, kemudian keluar dari kendaraan itu dalam keadaan terbakar. Tersangka telah meninggal akibat luka-lukanya. Koalisi mengatakan seorang anggota pasukan NATO luka-luka dalam insiden pencurian kendaraan itu. NATO mengatakan Panetta tidak pernah terancam bahaya.

XS
SM
MD
LG