Tautan-tautan Akses

Tentara AS Didakwa atas Pembunuhan 17 Sipil Afghanistan


Sersan Angkatan Darat AS, Robert Bales dituduh membunuh 17 warga sipil Afghanistan (foto: dok).

Sersan Angkatan Darat AS, Robert Bales dituduh membunuh 17 warga sipil Afghanistan (foto: dok).

Sersan AS Robert Bales dituduh membunuh 17 orang sipil Afghanistan dalam amukan penembakan di dua desa provinsi Kandahar.

Seorang pejabat Amerika mengatakan sersan angkatan darat Amerika Robert Bales, yang dituduh membunuh 17 orang sipil Afghanistan dalam amukan penembakan di dua desa provinsi Kandahar, Afghanistan selatan, akan didakwa dengan 17 pasal pembunuhan.

Pejabat tersebut, yang berbicara dengan syarat namanya tidak disebut, mengatakan hari Kamis ayah berusia 38 tahun yang mempunyai dua anak itu juga akan didakwa dengan 6 pasal usaha pembunuhan dan 6 pasal penganiayaan.

Bales, yang sudah berdinas 11 tahun, dituduh keluar dari pos militer di Afghanistan selatan dalam kegelapan malam dan menembak mati 9 anak-anak dan 8 orang dewasa. Ia sedang ditahan dalam sel yang terisolasi dalam penjara militer di Fort Leavenworth, di Kansas.

Insiden itu merupakan satu lagi pukulan terhadap hubungan Amerika-Afghanistan yang sedang goyah, setelah rentetan insiden, antara lain, pembakaran Quran yang tidak disengaja di pangkalan militer Amerika dekat Kabul.

XS
SM
MD
LG