Tautan-tautan Akses

Tolak Pernikahan Sesama Jenis, Jaringan Restoran Terkenal AS Diprotes


Jaringan rumah makan cepat saji Chick Fil-A diboikot setelah presiden direktur perusahaan itu menyatakan secara terbuka menentang pernikahan sesama jenis (foto: dok).

Jaringan rumah makan cepat saji Chick Fil-A diboikot setelah presiden direktur perusahaan itu menyatakan secara terbuka menentang pernikahan sesama jenis (foto: dok).

Jaringan rumah makan cepat saji terkenal Amerika, Chick Fil-A, menjadi topik perdebatan terkait pernyataan Presiden Direkturnya yang menentang pernikahan sesama jenis.

Presiden Direktur rumah makan cepat saji, Chick Fil-A, Dan Cathy, belum lama ini mengatakan kepada sebuah jurnal keagamaan, perusahaannya “dituduh bersalah” atas dakwaan menentang perkawinan sesama jenis. Cathy mengatakan, bisnis keluarga itu mendukung “definisi kitab suci bahwa pernikahan adalah penyatuan antara laki-laki dan perempuan”.

Pendapat Cathy itu, memicu kemarahan kelompok-kelompok pembela hak-hak para homoseksual dan mengajukan protes terhadap jaringan rumah makan Chick Fil-A yang berbasis di kota Atlanta, di Negara bagian Georgia, Amerika tenggara.

Sebuah kelompok mengumumkan bahwa perusahaan rumah makan cepat saji itu telah memberikan sumbangan jutaan dolar kepada kelompok-kelompok yang berkampanye menentang disahkannya pernikahan sesama jenis.

Banyak pengecam menyerukan agar memboikot jaringan rumah makan itu, sementara unjuk rasa terjadi di beberapa rumah makan Chick Fil-A di seluruh Amerika. Sebagian pasangan sesama jenis berencana tampil dalam protes nasional dengan “berciuman” di rumah makan-rumah makan itu pada tanggal 3 Agustus nanti.

Sikap rumah makan itu, juga menimbulkan kemarahan para politisi di Chicago dan Boston. Anggota Dewan Perwakilan Kota Chicago menentang dibukanya rumah makan Chick Fil-A di kota itu, sementara Walikota Boston, Thomas Menino menulis surat kepada Cathy, mendesaknya agar membatalkan rencana dibukanya gerai rumah makan cepat saji itu, di kawasan bersejarah Freedom Trail. Pemilik tokoh-tokoh boneka Muppet yang terkenal, juga menyudahi kemitraan promosinya dengan jaringan Chick Fil-A.

Tetapi, Chick Fil-A mendapat dukungan dari para penganut paham konservatif yang agamis, karena keyakinannya menentang pernikahan sesama jenis.

Mantan Gubernur Arkansas dan mantan kontestan calon presiden dari Partai Republik, Mike Huckabee menyatakan Rabu lalu, tanggal satu Agustus sebagai “Hari Penghargaan bagi Chick Fil-A”. Gerakan ini didukung pula oleh mantan Senator Amerika, Rick Santorum, yang juga mantan kontestan presiden dari Partai Republik, serta penginjil legendaris dari gereja Evangelis, Billy Graham.

Chick Fil-A yang didirikan tahun 1967 oleh ayah Cathy, S. Truett Cathy, meraup penjualan 4,1 miliar dolar tahun lalu. Tidak satupun dari 1.600 rumah makannya buka hari Minggu, hari umat Kristen Amerika beribadah di gereja, seperti yang dilakukan oleh keluarga Cathy.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG