Tautan-tautan Akses

Tenggat bagi Kesepakatan Nuklir Iran Diperpanjang


Menlu Iran Mohammad Javad Zarif (tengah) saat perundingan nuklir di Wina, Austria (15/7).

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif (tengah) saat perundingan nuklir di Wina, Austria (15/7).

Diplomat-diplomat Iran dan enam negara kuat dunia sepakat memberi waktu sampai 24 November untuk mencapai kesepakatan nuklir.

Diplomat-diplomat mengatakan Iran dan enam negara kuat dunia sepakat memperpanjang tenggat waktu mereka selama empat bulan untuk mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran.

Diplomat-diplomat itu mengatakan pihak-pihak itu memberi waktu sampai 24 November untuk mencapai kesepakatan. Kesepakatan sementara bagi Iran untuk menghentikan pengayaan uraniumnya sebagai imbalan dilonggarkannya sanksi-sanksi dijadwalkan akan berakhir 20 Juli.

Iran sejak Februari telah merundingkan kesepakatan nuklir jangka panjang dengan pejabat-pejabat dari Amerika, Inggris, Perancis, Rusia, China, dan Jerman.

Selama ini, yang menjadi hambatan terbesar adalah hak Iran untuk memperkaya uranium, proses yang tidak hanya bisa menghasilkan bahan bakar untuk reaktor nuklir tetapi juga inti bom nuklir.

Amerika dan sekutu Baratnya menduga Iran sedang berusaha membuat senjata nuklir. Iran menegaskan program nuklirnya hanya untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG