Tautan-tautan Akses

Tema Konvensi Demokrat Hari Pertama Persatuan dan Keluarga


Persiapan Konvensi Nasional Partai Demokrat di Wells Fargo Center, Philadelphia (24/5). (VOA/Yoni Puspadi)

Persiapan Konvensi Nasional Partai Demokrat di Wells Fargo Center, Philadelphia (24/5). (VOA/Yoni Puspadi)

Warga Amerika dari berbagai kalangan akan berbicara selama konvensi, berbagi kisah dan pengalaman bahwa Amerika akan lebih kuat jika bersatu.

Konvensi Nasional Partai Demokrat diselenggarakan Senin (25/7) sampai Kamis 28 Juli 2016. Tema konvensi pada hari pertama adalah “Bersama-sama Bersatu: Mengutamakan Keluarga”. Warga Amerika dari berbagai kalangan akan berbicara selama konvensi, berbagi kisah dan pengalaman bahwa Amerika akan lebih kuat jika bersatu.

Partai Demokrat memaparkan kerangka kerjanya melalui tema yang diangkat selama konvensi yang berlangsung empat hari di kota Philadelphia. Hari pertama konvensi diawali dengan pertemuan penting sejumlah kaukus, dewan partai, disusul pidato dari kalangan luas yang mewakili rakyat Amerika.

Fokus pidato para pembicara konvensi di gedung Wells Fargo Center pada hari Senin adalah mengenai persatuan dan bagaimana kebijakan-kebijakan partai Demokrat yang mengutamakan keluarga akan memperkokoh Amerika.

Para pendukung Hillary Clinton, dari kalangan rakyat biasa, tokoh nasional, para pegiat dan selebriti akan berbagi kisah serta pengalaman mereka mengenai tema ini.

Pam Livengood dari New Hampsire adalah salah seorang di antaranya. Livengood dan keluarganya merasakan dampak epidemi penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan terpaksa menjadi wali bagi cucu-cucunya karena putrinya masih bergulat untuk pulih dari ketagihan obat terlarang.

Pembicara lainnya adalah Carla Otis dan ibunya dari Las Vegas, yang akan memaparkan bagaimana kebijakan imigrasi menyebabkan warga Amerika yang dilahirkan oleh orang tua imigran gelap dihantui kecemasan dan kekhawatiran akan keutuhan keluarga mereka.

Senator Bernie Sanders yang sebelumnya menjadi satu-satunya saingan Hillary Clinton, juga dijadwalkan berpidato. Sebagian pendukung Sanders yang tidak puas Tim Kaine menjadi calon wakil presiden mengatakan ada upaya untuk menentang pilihan Clinton ini selama konvensi.

Norman Solomon, koordinator nasional jaringan Delegasi Bernie Sanders hari Minggu mengatakan ada pembahasan yang sangat serius untuk menentang wakil presiden pillihan Hillary Clinton pada konvensi.

Ia juga mengatakan sebagian besar delegasi pendukung Sanders mendukung protes semacam ini untuk menyampaikan kekecewaan mereka.

Selain pidato Bernie Sanders yang sangat dinantikan adalah pidato ibu negara Michelle Obama. Pidatonya akan mengakhiri serangkaian acara konvensi Partai Demokrat pada hari pertama. Made Yoni melaporkan dari Philadelphia. [my]

XS
SM
MD
LG