Tautan-tautan Akses

Televisi Korea Utara Ungkapkan Istri Kim Jong Un


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un (dua dari kiri) bersama istrinya, Komrad Ri Sol Ju, mengunjungi taman hiburan baru di Pyongyang (25/7).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un (dua dari kiri) bersama istrinya, Komrad Ri Sol Ju, mengunjungi taman hiburan baru di Pyongyang (25/7).

Televisi pemerintah Korea Utara mengabarkan bahwa perempuan yang menemani pemimpin baru Korea Utara dalam beberapa peristiwa publik baru-baru ini adalah istri Kim Jong Un.

Televisi pemerintah Korea Utara melaporkan Kim dan Komrad Ri Sol Ju meninjau taman hiburan yang baru dibangun di Pyongyang. Hal tersebut merupakan yang pertama kalinya bagi media Korea Utara mengungkapkan kabar terkait istri pemimpin Korea Utara tersebut.

Kim mengambil alih kepemimpinan negara yang mengucilkan diri itu dari ayahnya, Kim Jong Il, yang meninggal bulan Desember.

Sementara itu, sebuah laporan Kelompok Krisis Internasional (ICG) mengatakan, tidak ada tanda-tanda jelas mengenai kemungkinan adanya konspirasi untuk menggulingkan Kim, meskipun ada pemecatan mengejutkan seorang pemimpin tinggi militer negara itu sebelumnya bulan ini.

Beberapa laporan media Korea Utara yang tidak dikukuhkan menyatakan kemungkinan akan adanya perebutan kekuasaan di Pyongyang setelah Panglima Militer Ri Yong Ho dipecat pekan lalu dari semua jabatan militer dan politiknya.

Analis senior ICG Daniel Pinkston mengatakan kepada VOA, ia tidak melihat adanya perubahan kebijakan yang signifikan di masa depan, dan Kim memiliki cengkeraman yang kuat pada kekuasaan.

Laporan itu memperingatkan mengenai kemungkinan Pyongyang melangsungkan uji misil jarak jauh atau bom nuklir dalam usaha untuk memperkokoh status Kim.
XS
SM
MD
LG