Tautan-tautan Akses

Televisi Iran Klaim CIA Culik Ilmuwan Nuklir


Sebuah video di YouTube yang keluar awal bulan ini, menunjukkan seorang bernama Shahram Amiri, ilmuwan nuklir Iran.

Sebuah video di YouTube yang keluar awal bulan ini, menunjukkan seorang bernama Shahram Amiri, ilmuwan nuklir Iran.

Dalam video terbaru, seorang pria yang mengaku bernama Shahram Amiri mengatakan sedang melarikan diri dari agen rahasia AS.

Televisi pemerintah Iran menuduh Badan Pusat Intelijen Amerika (CIA) menculik seorang ilmuwan nuklir Iran. Stasiun tersebut menayangkan gambar-gambar sang ilmuwan.

Dalam gambar video pada hari Selasa, seorang pria yang disebut bernama Shahram Amiri, seorang peneliti yang bekerja pada Organisasi Energi Atom Iran, mengatakan ia baru saja melarikan diri dari agen-agen Amerika di negara-bagian Virginia dan sedang bersembunyi.

Pria tersebut mengatakan ia dapat ditangkap kapan saja dan tidak diizinkan menghubungi keluarganya. Ia mengatakan pemerintah Amerika bertanggung jawab kalau ia tidak kembali ke Iran dengan selamat.

Jaringan televisi ABC Amerika melaporkan pada hari Senin, pemerintah Iran telah mengancam akan menyakiti keluarga Amiri kalau ia tidak pulang. ABC News telah melaporkan bahwa Amiri membelot ke Amerika untuk membantu CIA.

Sebelumnya bulan ini, Iran menayangkan untuk pertama kalinya video seorang pria yang bernama Amiri yang mengatakan ia diculik oleh dinas intelijen Arab Saudi dan Amerika di Madinah dan disiksa di Amerika Serikat. Tetapi, satu lagi video yang dimuat sehari kemudian di situs YouTube, menunjukkan seorang pria bernama Amiri mengatakan ia selamat dan aman di Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG