Tautan-tautan Akses

AS

Tekankan Keberhasilan Kebijakan Luar Negeri, Kerry Minta Konfirmasi Kongres


Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat konferensi pers di markas besar PBB di Manhattan, New York, 18 Desember 2015.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat konferensi pers di markas besar PBB di Manhattan, New York, 18 Desember 2015.

Menlu Amerika John Kerry mengatakan pelaksanaan perjanjian nuklir Iran bisa hanya "beberapa hari lagi" jika semua berjalan baik.

Komentarnya disampaikan pada penjelasan singkat hari Kamis (7/1), di mana ia menekankan kemajuan kebijakan LN Amerika selama tahun lalu dalam upaya-upaya termasuk menjalin kembali hubungan dengan Cuba dan membuat kemajuan dalam melawan militan ISIS di Suriah dan Irak. Ia juga meminta kepada Kongres Amerika bertindak mengukuhkan calon-calon pejabat yang diajukan Deplu.

Kerry mengatakan telah berbicara dengan mitranya di Iran dan Arab Saudi dan kedua pihak telah sepakat tidak akan mengizinkan ketegangan saat ini yang diakibatkan oleh eksekusi Arab Saudi terhadap ulama Syiah menghambat dukungan mereka pada perundingan bulan Januari mengenai transisi politik di Suriah.

Kerry mengatakan di samping keterlibatan Amerika mengenai isu-isu kebijakan LN yang luas, Korea Utara tidak pernah diabaikan bahkan satu hari sekalipun. Ia berkomentar demikian setelah Korea Utara minggu ini menguji apa yang dikatakan negara itu bom hidrogen. [my/al]

XS
SM
MD
LG