Tautan-tautan Akses

'The Revenant’ Pimpin Perolehan Nominasi Oscar


Alejandro Gonzalez Inarritu (kiri) dan Leonardo DiCaprio seusai menerima piala dalam ajang penghargaan Golden Globe ke-73, 10 Januari 2016 (Foto: dok).

Alejandro Gonzalez Inarritu (kiri) dan Leonardo DiCaprio seusai menerima piala dalam ajang penghargaan Golden Globe ke-73, 10 Januari 2016 (Foto: dok).

Film The Revenant mendapat nominasi untuk kategori aktor terbaik bagi Leonardo DiCaprio, menyusul kemenangan film ini di ajang Golden Globes.

Film The Revenant memimpin di ajang penghargaan film tahunan ke-88 Academy Award atau Oscar dengan meraih 12 nominasi. Sementara untuk kategori akting, lagi-lagi hanya artis kulit putih yang dinominasikan.

Film The Revenant tersebut mendapat nominasi untuk kategori aktor terbaik bagi Leonardo DiCaprio, menyusul kemenangan film ini di ajang Golden Globes. Nominasi ini memunculkan kemungkinan sutradara Alejandro Inarritu menang berturut-turut setelah filmnya, Birdman, meraih gelar film terbaik tahun lalu.

Film garapan sutradara George Miller, Mad Max: Fury Road menyusul di urutan berikutnya dengan 10 nominasi, termasuk untuk film terbaik. Film epik fiksi ilmiah Ridley Scott The Martian mendapat tujuh nominasi, termasuk untuk film terbaik. Tetapi Scott tidak masuk nominasi sutradara terbaik.

Delapan film masuk nominasi film terbaik, lima film lainnya adalah Spotlight, film jurnalistik investigasi garapan Tom McCarthy, film thriller Perang Dingin Bridge of Spies garapan Steven Spielberg, film adaptasi kisah nyata manajer hedge fund Michael Lewis garapan Adam MyKay, The Big Short, drama ibu dan anak lelakinya yang ditawan Room serta kisah imigran Irlandia tahun 1950-an, Brooklyn.

Tidak masuk nominasi untuk kategori ini adalah Carol, film mengenai lesbian karya Todd Haynes yang banyak menuai pujian dan film biopik NWA, Straight Outta Compton.

Nominasi untuk kategori akting, yang jelas tidak memasukkan Idris Elba melalui film Beasts of No Nation dan Benicio Del Toro dalam film Sicario, membuat panitia pemilih Oscar, Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) mengulangi kecaman yang disebut OscarsSoWhite. Ini menyusul kejadian serupa tahun lalu terkait nominasi untuk kategori acting.

Ketua AMPAS Cheryl Boone Isaacs telah melipatgandakan upaya-upaya untuk mendiversifikasi keanggotaan, dan menetapkan Chris Rock untuk menjadi pembawa acara penganugerahan Oscar pada 28 Februari mendatang.

Selain DiCaprio, peraih nominasi untuk aktor terbaik adalah Matt Damon (The Martian'), Michael Fassbender (Steve Jobs), Eddie Redmayne (The Danish Girl) dan Bryan Cranston (Trumbo). Satu nama besar yang tidak masuk nominasi adalah Johnny Depp untuk perannya sebagai Whitey Bulger dalam film Black Mass.

Kategori aktris terbaik dipimpin oleh Brie Larson, yang menjadi favorit pemenang berkat perannya dalam Room, bersama dengan Jennifer Lawrence untuk film Joy. Nominasi ini membuat Lawrence yang berusia 25 tahun menjadi artis termuda yang empat kali dinominasikan. Aktris lainnya adalah Cate Blanchett (Carol), Saoirse Ronan (Brooklyn) dan Charlotte Rampling (45 Years).

Dalam musim pemberian penghargaan di industri perfilman yang tidak bisa ditebak, Spotlight tampak memperlihatkan kekuatannya hari Kamis, dengan meraih enam nominasi, termasuk untuk sutradara terbaik McCarty, skenario terbaik untuk McCarthy dan Josh Singer, serta aktor pendukung Mark Ruffalo.

Aktor pendukung terbaik dipimpin oleh Sylvester Stallone yang kembali berakting, mengulangi perannya sebagai Rocky Balboa dalam film Creed. Pesaing kuatnya adalah aktor terkemuka Mark Rylance untuk film Bridge of Spies. Juga masuk daftar nominasi ini adalah Tom Hardy (The Revenant) dan Christian Bale (The Big Short).

Sebagaimana diperkirakan sebelumnya, film produksi Pixar, Inside Outmasuk nominasi drama animasi terbaik, bersama-sama dengan Anomalisa, Shaun the Sheep Movie, Boy and the World dan When Marnie was There.

Film-film penerima nominasi untuk kategori film berbahasa asing terbaik, adalah Son of Saul dari Hongaria, Mustang dari Perancis, Theeb dari Yordania, film Denmark A War dan film Kolombia Embrace the Serpent.

Meskipun sebagian fans mengharapkan prestasi yang lebih baik, film box office Star Wars: The Force Awakens gagal mendapat nominasi untuk kategori film terbaik. Tetapi film ini mendapat lima nominasi untuk kategori teknis, di antaranya, penyuntingan, music latar, efek visual, mixing suara dan penyuntingan suara. [uh]

XS
SM
MD
LG