Tautan-tautan Akses

Taylor Swift Sapu Penghargaan American Music Awards


Taylor Swift berpose di belakang panggung dengan empat penghargaan yang diraihnya pada American Music Awards (24/11). (AP/Invision/Jordan Strauss)

Taylor Swift berpose di belakang panggung dengan empat penghargaan yang diraihnya pada American Music Awards (24/11). (AP/Invision/Jordan Strauss)

Swift menang di empat kategori, termasuk artis tahun ini, penghargaan yang sudah dimenangkannya dua kali.

Taylor Swift tidak tampil menyanyi pada acara American Music Awards, Minggu malam (24/11), namun ia berulang kali naik ke panggung karena menyabet empat penghargaan termasuk artis tahun ini.

Penyanyi country berusia 23 tahun itu mengalahkan Justin Timberlake, Rihanna, Bruno Mars dan Macklemore & Ryan Lewis untuk memenangkan kategori tersebut ketiga kalinya, menjadikannya penyanyi yang paling sering mendapat penghargaan tersebut. Ia juga menang dalam kategori artis pop/rock perempuan, artis country dan album country favorit untuk albumnya yang diluncurkan pada 2012, “Red.”

Timberlake, 32, yang kembali ke dunia musik setelah vakum lima tahun dengan album "The 20/20 Experience," dinominasikan dalam lima kategori dan menang tiga diantaranya, termasuk artis pop/rock pria favorit.

Duo hip-hop pendatang baru Macklemore & Ryan Lewis, yang memimpin perolehan nominasi dengan masuk ke enam kategori, mendapatkan dua penghargaan, termasuk artis rap/hip-hop terbaik.

Nominasi dan pemenang American Music Awards dipilih oleh publik, yang memasukkan suara secara daring dan lewat Twitter. Penghargaan dibagikan dalam acara tiga jam di Los Angeles, yang memunculkan penampilan antara lain dari Katy Perry, Lady Gaga, Miley Cyrus dan Christina Aguilera.

Penyanyi R&B Rihanna, 25, mendapat penghargaan Icon, yang baru pertama kalinya diberikan tahun ini. Rihanna, yang telah menjual 50 juta album di seluruh dunia dan merupakan artis dengan penjualan digital terbanyak dalam sejarah, juga meraih penghargaan penyanyi soul/R&B perempuan favorit. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG