Tautan-tautan Akses

Tanzania Pilih Presiden Baru


Warga Tanzania antri untuk mengikuti pemilu presiden di salah satu TPS di Dar es Salaam, Tanzania (25/10).

Warga Tanzania antri untuk mengikuti pemilu presiden di salah satu TPS di Dar es Salaam, Tanzania (25/10).

Tanzania hari Minggu menyelenggarakan pemilu untuk memilih presiden dan parlemen baru. Pemilihan di negara di Afrika Timur itu diperkirakan akan berlangsung ketat.

Partai CCM yang telah lama berkuasa menghadapi tekanan yang kian meningkat untuk mempercepat pembangunan di negara itu dan menangani tingkat kemiskinan yang terus bertahan. Namun demikian para analis memperkirakan CCM masih akan meraih kemenangan.

Menteri Pekerjaan Tanzania John Magufuli adalah calon presiden dari CCM. Partai oposisi Chadema memilih mantan Perdana Menteri Edward Lowassa sebagai kandidatnya.

Presiden Jakaya Kikwete yang berkuasa akan merampungkan masa jabatan lima tahunnya yang ke-dua, sesuai dengan yang diizinkan konstitusi. Tanzania memiliki sejarah panjang di mana presidennya menjalani masa jabatan yang terbatas, tidak seperti banyak negara Afrika lainnya.

Lebih dari 140 misi pengamat pemilu internasional berada di negara itu untuk memantau pemilihan presiden, parlemen dan lokal hari Minggu ini.

Komisi Pemilihan Nasional Tanzania menyatakan pemenang Pemilihan presiden diperkirakan akan diumumkan dalam tiga hari. Konstitusi Tanzania membebaskan komisi pemilihan dari campur tangan pemerintah.

Menurut Bank Dunia, populasi Tanzania yang berusia antara 14 dan 25 tahun meningkat hampir dua kali lipat dalam 20 tahun, dari 4,4 juta orang pada tahun 1990 menjadi 8,1 juta orang pada tahun 2010. Jumlah penduduk diperkirakan akan meningkat menjadi 11 juta pada tahun 2020 – jumlah ini akan menjadi perhatian besar bagi para politisi Tanzania, apapun partai politik mereka.

Tanzania diperkirakan memiliki salah satu populasi albino terbesar di dunia. Orang albino tidak memiliki pigmen kulit yang normal yang membuat kulit dan rambut mereka memutih abnormal. Mereka kerap diserang di Tanzania untuk diambil beberapa bagian tubuh mereka, yang oleh sebagian orang diyakini mengandung kekuatan mistis.

Permintaan akan jimat keberuntungan meningkat menjelang kampanye politik. Masyarakat Albino Tanzania mengatakan beberapa orang albino telah dibunuh menjelang pemilu. [uh]

XS
SM
MD
LG