Tautan-tautan Akses

Tanah Longsor Timbun Sungai, Ribuan Warga Nepal Dievakuasi


Seorang korban gempa bumi menotong kayu dari reruntuhan rumahnya di desa Barpak, pusat gempa bumi tanggal 25 April di Nepal.

Seorang korban gempa bumi menotong kayu dari reruntuhan rumahnya di desa Barpak, pusat gempa bumi tanggal 25 April di Nepal.

Para pejabat di Nepal mengatakan ribuan orang meninggalkan desa dan kota di sepanjang sungai di Nepal barat daya hari Minggu (24/5) karena timbunan tanah longsor di sungai dikhawatirkan bisa menimbulkan banjir bandang.

Administrator pemerintah Nepal Yam Bahadur Chokhal mengatakan kepada Associated Press, tanah longsor telah membuat semacam bendungan dan danau selebar dua kilometer di Sungai Kaligandaki.

Warga yang tinggal di tepi sungai telah pindah ke daerah yang lebih tinggi karena khawatir sungai akan meluap dan menimbulkan banjir bandang ke bagian utara Beni Bazaar, yang terletak sekitar 200 kilometer ibukota Kathmandu

Tentara dan polisi dikirim untuk memonitor sungai itu, sekaligus mengingatkan dan membantu warga desa.

Dua gempa dahsyat meluluhlantakkan Nepal pada tanggal 25 April dan 12 Mei, menewaskan hampir 8.700 orang dan melukai 16.800 lainnya. Kedua gempa dan beberapa gempa susulan juga menimbulkan banyak tanah longsor di negara itu.

Tahun 2002, puluhan orang tewas ketika longsoran salju yang semula menimbun Sungai Seti, akhirnya membuat sungai itu meluap dan menimbulkan banjir ke desa-desa di sepanjang sungai itu.

XS
SM
MD
LG