Tautan-tautan Akses

Selidiki Kasus Terowongan Runtuh, Tambang Freeport Ditutup


Para pekerja Freeport bersama perwakilan pemerintah memeriksa lokasi insiden di tambang Grasberg, di Timika, Papua (19/5).

Para pekerja Freeport bersama perwakilan pemerintah memeriksa lokasi insiden di tambang Grasberg, di Timika, Papua (19/5).

Penyelidikan mengenai runtuhnya terowongan di tambang Freeport McMoRan di Grasberg, Papua bulan lalu, diperkirakan perlu waktu tiga bulan.

Pihak berwenang Indonesia telah memerintahkan agar semua proses produksi di tambang emas dan tembaga milik Amerika dihentikan sementara berlangsung penyelidikan mengenai runtuhnya terowongan dalam tambang itu bulan lalu.

Seorang pejabat kementerian pertambangan Senin mengatakan, penyelidikan mengenai runtuhnya terowongan di tambang Freeport McMoRan di Grasberg, Papua, akan perlu waktu tiga bulan.

Kegiatan produksi tidak diizinkan berlangsung selama masa penyelidikan itu.

Para pekerja Freeport sedang mengikuti pelatihan keselamatan pada 14 Mei, sewaktu sebuah terowongan dalam fasilitas pelatihan bawah tanah runtuh.

Sepuluh orang berhasil menyelamatkan diri, lima tewas seketika dan 23 lainnya terperangkap di dalamnya dan belakangan ditemukan tewas. Freeport menghentikan operasi penambangannya sehari setelah kejadian.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG