Tautan-tautan Akses

AS

Taman Nasional Yellowstone akan Bunuh 900 Bison Akhir Tahun Ini


Bison di Taman Nasional Yellowstone (Foto: Carol M. Highsmith/Koleksi Library of Congress)

Bison di Taman Nasional Yellowstone (Foto: Carol M. Highsmith/Koleksi Library of Congress)

Jumlah bison yang akan dibunuh untuk mengurangi populasinya tahun ini, merupakan yang terbesar dalam 10 tahun terakhir. Jumlah bison liar di Taman Nsional Yellowstone kini mencapai 5.500 ekor.

Para pejabat Taman Nasional Yellowstone di negara bagian Montana berencana akan membunuh sedikitnya 900 ekor bison musim dingin ini, dengan cara menembak bison yang keluar dari Taman itu. Mereka juga mengumumkan program untuk mengejar dan menangkap bison-bison yang keluar dari taman itu, dan menyerahkannya kepada warga suku Indian di sana untuk disembelih dan dimakan dagingnya.

Pembunuhan tahunan ini merupakan salah satu pengurangan jumlah kawasan bison liar terbesar dalam 10 tahun terakhir. Jumlah bison liar di Taman nasional Yellowstone kini tercatat 5.500 ekor. Program pengurangan jumlah bison yang sudah berlangsung lama dan kontroversial itu, ditujukan untuk mencegah penularan penyakit brucellosis yang disebabkan oleh bakteri pada ternak sapi.

Tapi para penentang program pembunuhan bison itu mengatakan, hewan-hewan liar yang dulu jumlahnya puluhan juta dan hidup bebas di kawasan barat tengah Amerika itu, seharusnya tidak dibunuh.

“Bison-bison liar itu terus saja diburu atas kejahatan yang tidak pernah mereka lakukan,” kata pernyataan kelompok yang bernama Buffalo Field Campaign. Lagipula, tambah kelompok itu, belum ada kasus tentang penularan brucellosis kepada ternak sapi yang bisa dibuktikan, bahkan di tempat-tempat dimana bison dan sapi hidup di kawasan yang sama. [isa/sp]

XS
SM
MD
LG