Tautan-tautan Akses

Taliban Pakistan Umumkan Kesetiaan pada ISIS


Para anggota kelompok Taliban Pakistan (foto: dok).

Para anggota kelompok Taliban Pakistan (foto: dok).

Kelompok Taliban di Pakistan telah menyatakan kesetiaan mereka pada kelompok ISIS dan mendukung pendirian kekalifahan Islam global.

Taliban di Pakistan telah menyatakan setia pada kelompok ISIS dan memerintahkan militan di seluruh kawasan itu agar membantu kampanye ISIS mendirikan kekalifahan Islam global.

Meski demikian hari Minggu (5/10) dalam sebuah pernyataan yang dirilis lewat media di Pakistan, termasuk VOA, Shahidullah Shahid seorang juru bicara Tehreek e-Taliban atau TTP, sekutu al-Qaida juga menegaskan kesetiaan kelompok itu pada Mullah Omar dengan mengatakan “tidak diragukan ia adalah pemimpin kami”. Ia mengatakan pernyataan yang lebih rinci mengenai hal ini akan dikeluarkan kemudian.

Kantor berita Reuters hari Sabtu melaporkan telah menerima sebuah pesan dari Shahidullah Shahid yang mendesak semua organisasi jihad yang berjuang di Timur Tengah agar bersatu demi kepentingan yang lebih besar.

Mantan Letjen Pakistan dan analis pertahanan Talat Massood mengatakan pengumuman itu agaknya ditujukan untuk meningkatkan tekanan atas pemerintah Pakistan.

Militer Pakistan sedang melancarkan operasi terhadap TTP dan kelompok-kelompok afiliasinya di kawasan Waziristan Utara. Analis pertahanan lainnya mengatakan operasi yang sedang dilakukan harus berhasil menghentikan Taliban di Pakistan memperluas jaringan teror mereka.

XS
SM
MD
LG