Tautan-tautan Akses

Taliban Serang Sekelompok Wisatawan Barat di Afghanistan Barat


Polisi Afghanistan mengamankan lokasi serangan Taliban di provinsi Herat akhir bulan lalu (foto: dok). Taliban hari Kamis (4/8) mengklaim penyergapan atas sekelompok wisatawan di provinsi Herat.

Polisi Afghanistan mengamankan lokasi serangan Taliban di provinsi Herat akhir bulan lalu (foto: dok). Taliban hari Kamis (4/8) mengklaim penyergapan atas sekelompok wisatawan di provinsi Herat.

Taliban hari Kamis (4/8) mengaku bertanggung jawab atas penyergapan sekelompok wisatawan AS dan Eropa di provinsi Herat, Afghanistan barat, melukai enam wisatawan dan sopir Afghanistan mereka.

Seorang juru bicara pemberontak mengatakan, para pejuang Taliban menarget apa yang disebut "konvoi gabungan musuh" dan menyebut jumlah korban jauh lebih banyak, meskipun kelompok ini terkenal suka menyebarkan berita dengan angka korban lebih besar.

Seorang juru bicara polisi provinsi, Jilani Farhad mengatakan kepada VOA, serangan itu terjadi di daerah Chishti Sharif tak lama setelah para wisatawan tiba dari provinsi Bamiyan di bagian tengah Afghanistan.

"Orang yang luka-luka berada dalam kondisi stabil termasuk seorang wanita," tambahnya, tanpa membahas kebangsaan para korban atau motif serangan itu. Namun laporan mengatakan, para wisatawan itu termasuk tiga orang Amerika, enam warga Inggris, seorang Jerman dan dua warga negara Skotlandia.

Herat berbatasan dengan Iran dan pemberontak Taliban aktif di beberapa distrik di kawasan itu.

Sementara itu, sebuah helikopter Pakistan jatuh di provinsi pegunungan Logar, di Afghanistan.

Para pejabat lokal dan saksi mata mengatakan, helicopter MI-17 buatan Rusia terbakar tak lama setelah jatuh . Mereka menambahkan sekelompok orang bersenjata kemudian mendekati tempat itu dan membawa enam orang penumpangnya ke lokasi yang tidak diketahui.

Para pejabat Pakistan telah mengukuhkan bahwa helikopter itu melakukan pendaratan darurat di kawasan Afghanistan dekat perbatasan setelah lepas landas dari kota Peshawar. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG