Tautan-tautan Akses

Taliban Serang Pangkalan Amerika di Afghanistan Selatan


Prajurit AS dalam baku tembak dekat pangkalan Amerika di Kandahar, Kamis (27/10)..

Prajurit AS dalam baku tembak dekat pangkalan Amerika di Kandahar, Kamis (27/10)..

Sedikitnya tiga militan bersenjata, Kamis (27/10), melepaskan tembakan ke arah pangkalan itu dari gedung berdekatan di kota Kandahar.

Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan pemberontak Taliban telah menyerang sebuah pangkalan yang dioperasikan oleh Amerika di Afghanistan selatan.

Sedikitnya tiga militan bersenjata pada hari Kamis (27/10) melepaskan tembakan ke arah pangkalan itu dari gedung berdekatan di kota Kandahar. Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan dua pelaku serangan kemudian tewas oleh pasukan keamanan.

Kedutaan Amerika Serikat di Kabul mengatakan serangan berlangsung selama beberapa jam, dan para pelaku serangan juga menembakkan granat beroket ke arah pangkalan itu. Kedutaan AS mengatakan semua personil Departemen Luar Negeri Amerika selamat.

Seorang juru bicara NATO mengatakan tidak ada korban jiwa di pihak koalisi. Sedikitnya seorang prajurit Afghanistan dan seorang warga sipil dilaporkan terluka.

Pangkalan di Kandahar tersebut digunakan sebagai markas bagi pasukan NATO dan tim rekonstruksi provinsi. Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan mereka ketika itu menghadiri pertemuan dengan pejabat-pejabat NATO ketika serangan terjadi, tetapi tidak seorangpun yang hadir terluka.

Salah satu jalan di dekatnya diblokir selagi pasukan keamanan berusaha menjinakkan bahan peledak yang ditemukan dalam kendaraan yang diparkir di dekat pangkalan itu.

Saksi mata melaporkan telah mendengar tembakan senapan dan ledakan selama beberapa jam.

Taliban menyatakan diri bertanggung jawab atas serangan Kamis itu.

XS
SM
MD
LG