Tautan-tautan Akses

Taliban Serang Kota Kunduz, Afghanistan Utara


Polisi Afghanistan melakukan penjagaan ketat di pusat kota Kunduz, Afghanistan, 3 Oktober 2016. (REUTERS/Nasir Wakif)

Polisi Afghanistan melakukan penjagaan ketat di pusat kota Kunduz, Afghanistan, 3 Oktober 2016. (REUTERS/Nasir Wakif)

Serangan Taliban terhadap kota itu berlangsung satu hari menjelang berlangsungnya konferensi donor di Brussels.

Sejumlah pejabat di Afghanistan utara mengatakan, Taliban telah melancarkan serangan terkoordinasi terhadap Kunduz, dan bahwa kelompok pemberontak itu telah memasuki kota tersebut.

Pihak berwenang mengatakan, serangan Senin pagi (3/10) itu dilancarkan dari beberapa arah dan pasukan keamanan berusaha memukul mundur pemberontak.

Juru bicara kepolisian Mahfouzullah Akbari mengatakan, Taliban bersembunyi di sejumlah rumah penduduk dan pasukan Afghanistan harus sangat berhati-hati melangsungkan operasi mereka.

Peta Kunduz, Afghanistan.

Peta Kunduz, Afghanistan.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan, kelompok militan itu telah merebut sejumlah pos pengawasan di kota itu dan membunuh beberapa tentara. Pernyataan juru bicara itu belum diverifikasi kebenarannya.

Serangan Taliban terhadap kota itu berlangsung satu hari menjelang berlangsungnya konferensi donor di Brussels di mana Presiden Afghanistan Ashraf Ghani akan bertemu dengan para pemimpin negara kuat dalam usaha untuk memperoleh dana untuk membangun kembali negaranya yang dikoyak perang.

Pada September 2015, Taliban pernah merebut Kunduz dan mempertahankannya selama beberapa jari sebelum akhirnya mundur. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG