Tautan-tautan Akses

Taliban Pakistan Kukuhkan Tewasnya Komandan


Waliur Rehman (tengah) komandan nomor 2 Taliban Pakistan dikukuhkan tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS (foto: dok).

Waliur Rehman (tengah) komandan nomor 2 Taliban Pakistan dikukuhkan tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS (foto: dok).

Pihak Taliban Pakistan telah mengukuhkan bahwa komandan nomor duanya tewas dalam serangan pesawat tak berawak militer Amerika hari Rabu (29/5) lalu.

Jurubicara Taliban, Ihsan Ullah Ihsan, mengatakan bahwa Waliur Rehman termasuk di antara enam anggota kelompok militan itu yang tewas oleh serangan misil di Waziristan Utara, daerah tanpa hukum di Pakistan barat laut.

Ihsan, yang berbicara kepada wartawan melalui telepon dari lokasi yang tidak diketahui, menganggap pemerintah Pakistan bertanggungjawab atas serangan itu.

Pemerintah Amerika menawarkan hadiah sebanyak $ 5 juta bagi informasi yang mengarah ke lokasi tempat Rehman berada, sementara pemerintah Pakistan menawarkan hadiah $500 ribu bagi penangkapan Wali-ur-Rehman.

Ihsan mengancam akan membalas pembunuhan Rehman dan mengatakan pihak Taliban Pakistan membatalkan tawarannya bagi pembicaraan damai dengan pemerintah.

Pakistan telah mengungkapkan keprihatinan atas serangan-serangan pesawat nirawak, dengan mengatakan serangan-serangan semacam itu kontraproduktif, membunuh warga sipil tidak berdosa dan melanggar kedaulatan nasional.
XS
SM
MD
LG