Tautan-tautan Akses

Taliban dan Pemerintah Pakistan Lakukan Pembicaraan Awal Perdamaian


Pemerintah Pakistan melakukan pembicaraan awal dengan perwakilan Taliban Pakistan (21/11).

Pemerintah Pakistan melakukan pembicaraan awal dengan perwakilan Taliban Pakistan (21/11).

Pemerintah Pakistan diberitakan mengadakan pembicaraan perdamaian pendahuluan dengan Taliban Pakistan, guna mencari cara-cara untuk memulai perundingan perdamaian.

Seorang komandan militan senior hari Senin mengatakan kepada berbagai kantor berita bahwa diskusi mereka difokuskan pada wilayah kesukuan Waziristan Selatan di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan.

Komandan itu mengatakan Taliban mengajukan beberapa permintaan, termasuk di antaranya pembebasan tahanan.

Militer dan pejabat pemerintah Pakistan tidak ada yang memberikan komentarnya segera. Pembicaraan disebutkan akan melibatkan para tetua suku serta mantan pejabat militer dan sipil.

Pemerintah telah mencapai kesepakatan perdamaian dengan Taliban Pakistan pada masa lalu, tetapi sebagian besar gagal. Para pengecam mengatakan perjanjian itu membuat militan dapat menggalang pasukan dan menyusun kembali kekuatannya untuk memulai pertempuran melawan pemerintah dan pasukan asing di negara tetangga, Afghanistan.

Belum jelas benar apakah Taliban Pakistan cukup kompak untuk benar-benar mencapai perjanjian yang bertahan lama.

Pakistan semakin ditekan untuk memberantas militansi sejak pasukan khusus Amerika pada bulan Mei lalu membunuh pemimpin al-Qaida Osama bin Laden di sebuah kota di Pakistan, tempat tinggalnya selama bertahun-tahun.

XS
SM
MD
LG