Tautan-tautan Akses

Takut Pembantaian, Warga Sunni Suriah Tinggalkan Kota Banias


Peta wilayah Bayda, lokasi yang dilaporkan mengalami pembantaian massal, Jumat (3/5).

Peta wilayah Bayda, lokasi yang dilaporkan mengalami pembantaian massal, Jumat (3/5).

Para aktivis di Suriah mengatakan ratusan umat Muslim Sunni mengungsi dari kota pantai Banias, takut akan serangan baru setelah dugaan adanya pembantaian massal di sebuah desa dekat wilayah tersebut.

LSM Suriah di Inggris mengatakan bahwa banyak keluarga Muslim Sunni Suriah mulai meninggalkan kawasan kota pantai Banias, Sabtu pagi (4/5).

Kelompok oposisi utama Suriah menuduh pemerintahan Presiden Bashar al-Assad melakukan “pembantaian berskala besar” di desa Bayda, Jumat (3/5) menewaskan sedikitnya 150 orang termasuk anak-anak. Bayda terutama ditempati umat Muslim Sunni, yang mendominasi gerakan pemberontak di negara itu.

Dalam perkembangan lain hari Jumat (3/5), Presiden Amerika Barack Obama mengatakan kecil kemungkinan Amerika mengirim pasukan darat ke Suriah.

Dalam lawatan ke Kosta Rika, Presiden Obama mengatakan ia tidak mengesampingkan pilihan apapun tetapi mengirim pasukan darat tidak akan menguntungkan Amerika maupun Suriah. Menurut Obama, pemimpin lain di Timur Tengah sependapat dengannya.
XS
SM
MD
LG