Tautan-tautan Akses

Taiwan Tuduh Pesawat China Langgar Wilayah Udaranya


Sebuah pesawat tempur China terbang di atas Pulau Hainan (foto: dok).

Sebuah pesawat tempur China terbang di atas Pulau Hainan (foto: dok).

Para pejabat Taiwan mengatakan, pesawat China Yun-8 pergi meninggalkan wilayah udara Taiwan tanpa insiden setelah dihalau jet-jet Taiwan.

Taiwan mengatakan, mereka mengerahkan jet-jet tempurnya untuk melacak dua pesawat militer China yang melintasi wilayah udara mereka sedikitnya dua kali pada hari Senin.

Para pejabat Taiwan mengatakan, pesawat Yun-8 pergi meninggalkan wilayah udara Taiwan tanpa insiden setelah dihalau jet-jet Taiwan.

Mereka mengatakan pesawat angkut militer China itu lepas landas dari propinsi Guangdong, China dan dalam penerbangan menuju Laut China Selatan. Beijing belum menanggapi tuduhan itu.

Meski hubungan ekonomi dan diplomatik antara China dan Taiwan membaik dalam beberapa tahun belakangan ini, ketegangan masih tetap ada.

Taiwan memisahkan diri dari China setelah perang saudara pada 1949. Namun Beijing masih menganggapnya sebagai propinsi yang memisahkan diri dan suatu saat akan kembali bersatu dengan China daratan.

Laporan adanya intrusi ke wilayah udara Taiwan ini terjadi beberapa hari setelah sebuah jet tempur China terbang dalam jarak beberapa meter dari sebuah pesawat Amerika di atas lepas pantai China.

XS
SM
MD
LG