Tautan-tautan Akses

Pejabat Taiwan akan ke China untuk Pembicaraan Bersejarah


Menteri Urusan China Daratan Taiwan, Wang Yu-chi akan mengunjungi China daratan bulan depan (foto: dok).

Menteri Urusan China Daratan Taiwan, Wang Yu-chi akan mengunjungi China daratan bulan depan (foto: dok).

Seorang Menteri Taiwan, Wang Yu-chi, akan mengunjungi China daratan bulan depan untuk mengadakan kontak tingkat tinggi pertama antara kedua pihak sejak tahun 1949.

Pembuat kebijakan senior Taiwan mengenai isu-isu China mengatakan ia akan melakukan perjalanan ke China daratan bulan depan untuk mengadakan kontak tingkat tinggi yang pertama antara kedua pihak sejak 1949.

Menteri Urusan China Daratan Taiwan, Wang Yu-chi hari Selasa (28/1) mengatakan perjalanannya “penting” untuk lebih melembagakan hubungan China-Taiwan, yang menghangat dalam beberapa tahun terakhir.

Wang mengatakan kepada wartawan di Taipei hari Selasa kunjungannya tidak akan membahas isu-isu politik yang sensitif tapi akan membantu membentuk mekanisme komunikasi untuk menghindari salah paham. Ia menambahkan bahwa hubungan ekonomi akan menjadi fokus pertemuan itu.

Tapi sebagian anggota parlemen oposisi menyampaikan keprihatinan atas lawatan itu.

Menanggapi pernyataan bersalah baru-baru ini terhadap pembangkang China Xu Zhiyong, anggota senior oposisi Hong Cai-Long mengatakan Wang harus menekankan bahwa rakyat Taiwan sangat prihatin mengenai HAM di China.
XS
SM
MD
LG