Tautan-tautan Akses

Taipan Khodorkovsky: Saya Bukan Tahanan Politik Terakhir Rusia


Taipan Minyak Rusia Mikhail Khodorkovsky berpose di depan museum di Berlin, 22 Desember 2013.

Taipan Minyak Rusia Mikhail Khodorkovsky berpose di depan museum di Berlin, 22 Desember 2013.

Mantan orang terkaya Rusia Mikhail Khodorkovsky mengatakan tidak akan terjun ke dunia politik atau mencoba mendapatkan kembali aset bekas perusahaan minyaknya.

Mantan taipan minyak Rusia Mikhail Khodorkovsky, yang diampuni oleh Presiden Vladimir Putin setelah 10 tahun dipenjara, mengatakan dia akan melakukan semua yang bisa dia lakukan untuk memastikan pembebasan tahanan politik lain di Rusia.

Pada konferensi pers hari Minggu di Berlin, Khodorkovsky mengatakan dia seharusnya tidak dipandang sebagai simbol bahwa tidak ada lagi tahanan politik di Rusia.

Mantan orang terkaya Rusia itu mengatakan dia tidak akan terjun ke dunia politik atau mencoba mendapatkan kembali aset bekas perusahaan minyaknya. Dia mengatakan kepada wartawan, "Perjuangan untuk kekuasaan bukan untuk saya."

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan majalah Rusia New Times, Khodorkovsky mengatakan dia dibebaskan dari penjara tanpa persyaratan dan dia tidak mengakui kejahatan apa pun.

Khodorkovsky ditangkap pada tahun 2003 atas tuduhan penipuan dan penggelapan pajak. Vonisnya secara luas dikecam sebagai balas dendam politik karena dia mendanai partai-partai oposisi.
XS
SM
MD
LG