Tautan-tautan Akses

Banyak Tahanan di Guantanamo Teroris Tingkat Rendah


Para tahanan di Teluk Guantanamo sedang melakukan olahraga.

Para tahanan di Teluk Guantanamo sedang melakukan olahraga.

Sebuah laporan pemerintah AS mengatakan sebagian besar tahanan Guantanamo bukanlah para pemimpin teroris.

Sebuah laporan pemerintah Amerika mengatakan sebagian besar orang yang ditahan di penjara militer di Teluk Guantanamo, Kuba ketika Presiden Barack Obama mulai menjabat adalah para pejuang tingkat rendah, bukan pemimpin teroris atau orang-orang yang terlibat dalam rencana rahasia hendak menyerang Amerika.

Situs internet surat kabar Washington Post hari Jumat menerbitkan laporan tersebut, yang diperintahkan oleh Obama sebagai langkah menuju penutupan penjara Guantanamo. Sebuah tim khusus mengevaluasi ke-240 tahanan yang ditahan di pangkalan itu tahun 2009.

Laporan itu merekomendasikan pemindahan 126 tahanan ke Amerika atau ke negara ketiga, mengadili 36 tahanan karena kejahatan yang mereka lakukan dan menahan 48 tahanan tanpa diadili berdasarkan hukum perang. Laporan itu mengatakan ke-48 tahanan itu diyakini sebagai anggota pasukan musuh, seperti al-Qaida atau Taliban.

Laporan Amerika itu menganjurkan penahanan tanpa batas waktu dengan alasan bahwa sebagian tahanan terlalu berbahaya untuk dibebaskan, tetapi bukti terhadap mereka barangkali tidak dapat diterima di pengadilan.


XS
SM
MD
LG