Tautan-tautan Akses

Rakyat Swiss Tolak Percepatan Penutupan Pembangkit Nuklir


Uap dari pembangkit tenaga nuklir Leibstadt dekat Leibstadt, Swiss, 18 November 2014.

Uap dari pembangkit tenaga nuklir Leibstadt dekat Leibstadt, Swiss, 18 November 2014.

Rakyat Swiss hari Minggu (27/11) menolak dalam referendum usaha mempercepat proses penghapusan pembangkit listrik tenaga nuklir di negara itu.

Sekiranya tadinya pendukung percepatan menang dalam referendum itu, Swiss harus menutup 3 dari lima reaktor negara itu tahun depan dan selebihnya, dua reaktor, ditutup sebelum tahun 2029.

Setelah insiden tahun 2011 di Fukushima, Swiss, seperti negara-negara lain, berjanji untuk menghentikan reaktor-reaktor tua, yang sekarang membangkit 40 persen listrik Swiss, sementara reaktor itu mencapai akhir usia operasi yang aman tetapi tidak menyebut tanggalnya.

Sebagai bagian dari rencana energi sampai akhir tahun 2050, pemerintah Swiss sudah setuju untuk tidak menggantikan pembangkit nuklir yang ada sekarang, yang dapat beroperasi selama pembangkit tersebut dianggap aman.

Tetapi organisasi-organisasi penganjur anti-nuklir, seperti Swiss Greens dan Social Democrat, mengatakan jadwal pemerintah Swiss tidak cukup cepat dan mendorong referendum untuk mempercepat rencana penghentian penggunaan pembangkit tenaga nuklir.

Karena keprihatinan umum, tidak ada pembangkit tenaga nuklir dibangun di Swiss sejak tahun 1984. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG