Tautan-tautan Akses

Swiss Resmikan Terowongan Kereta Terpanjang di Dunia di Bawah Pegunungan Alpen


Terowongan Gotthard, membentang sepanjang 57 kilometer di bawah pegunungan Alpen, Swiss (1/6).

Terowongan Gotthard, membentang sepanjang 57 kilometer di bawah pegunungan Alpen, Swiss (1/6).

Terowongan Gotthard yang membentang sepanjang lebih dari 57 kilometer di bawah pegunungan Alpen itu diresmikan hari Rabu (1/6).

Swiss telah resmi membuka terowongan Gotthard, terowongan kereta terpanjang dan terdalam di dunia, yang membentang sepanjang lebih dari 57 kilometer di bawah Pegunungan Alpen.

Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Perancis Francois Hollande dan PM Italia Matteo Renzi bergabung dengan para pemimpin Swiss dalam perayaan yang dimeriahkan dengan pertunjukan musik dan tari serta penampilan lagu tema untuk proyek Terowongan Gotthard itu, yang dimulai sejak 17 tahun lalu.

Setelah beroperasi sepenuhnya Desember mendatang, “terowongan itu akan mempersatukan banyak orang dan banyak negara,” kata Presiden Swiss Johann Schneider-Ammann.

Swiss juga mengatakan terowongan ini akan mengubah besar-besaran sarana perhubungan di Eropa.

Barang-barang yang saat ini dibawa dengan menggunakan jutaan truk akan digantikan kereta. Terowongan ini mengalahkan posisi terowongan kereta Seikan Jepang sepanjang 53,9 km sebagai yang terpanjang di dunia dan menggeser Channel Tunnel 50,5 km yang menghubungkan Inggris dan Prancis ke urutan ketiga.

Para teknisi yang merancang terowongan dengan anggaran 12 miliar dolar ini mengatakan, Terowongan Gotthard dibangun dengan metoda konstruksi baru dan inovatif agar bisa mengatasi tekanan batu besar dan panas bawah tanah. Terowongan itu juga menggunakan campuran beton khusus dan sistem baru pelapisan. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG