Tautan-tautan Akses

Swedia Tuntut Pembebasan 2 Jurnalis yang Divonis di Ethiopia


Pengadilan Tinggi Ethiopia di Addis Ababa menghukum Johan Persson dan Martin Schibbye, dua jurnalis Swedia 18 tahun penjara (foto: dok).

Pengadilan Tinggi Ethiopia di Addis Ababa menghukum Johan Persson dan Martin Schibbye, dua jurnalis Swedia 18 tahun penjara (foto: dok).

Pemerintah Swedia menuntut pembebasan reporter Martin Schibbye dan wartawan foto Johan Persson yang divonis 18 tahun penjara di Ethiophia saat meliput krisis kekeringan dan malnutrisi di berbagai wilayah di negara itu.

Swedia menuntut pembebasan dua jurnalis negara itu yang divonis Rabu ini, karena mendukung terorisme di Ethiopia.

Seorang hakim Ethiopian mengatakan tidak mungkin kedua wartawan itu sedang mengumpulkan bahan berita sewaktu memasuki Ethiopia. Wartawan tersebut sedang bersama pemberontak Fron Pembebasan Nasional Ogaden, yang dianggap sebagai kelompok teroris di negara Afrika itu.

Pasukan Ethiopia menangkap reporter Martin Schibbye dan wartawan foto Johan Persson, Juli lalu, sewaktu mereka bepergian dengan para pemberontak untuk meliput krisis kekeringan dan malnutrisi di berbagai wilayah Ethiopia.

Kedua wartawan tadi mengaku telah memasuki negara itu secara gelap dan kini menghadapi lebih dari 18 tahun penjara berkenaan dengan dakwaan tadi.

PM Swedia, Fredrik Reinfeldt, mengatakan Rabu ini, kedua jurnalis tersebut berada di Ethiopia karena penugasan dan harus dibebaskan segera.

Organisasi HAM yang berbasis di London, Amnesty International, juga menyerukan agar mereka dibebaskan dengan segera.

XS
SM
MD
LG